Waduh! Ratusan Desa di Pulau Sumba Belum Mendapatkan Listrik PLN

Ini penjelasan dari Manager PLN wilayah sumba terkait dengan desa yang belum mendapat jatah listrik

Waduh! Ratusan Desa di Pulau Sumba Belum Mendapatkan Listrik PLN
Tribun Kaltim
Ilustrasi 

Laporan wartawan Pos Kupang, Robert Ropo

POS KUPANG.COM, WAINGAPU - Untuk mencapai target sesuai dengan instruksi presiden RI Joko Widodo bahwa pada tahun 2020 semua desa di wilayah NTT harus seratus persen sudah diterangi listrik, maka target dari PT. PLN (Persero) area Sumba untuk mencapai 100 persen berdasarkan data pada tahun 2016.

Untuk seluruh desa di empat kabupaten yakni, kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) masih kurang sebanyak 242 desa dari 400 lebih desa di empat kabupaten di daratan Sumba yang belum mendapatkan jaringan listrik PLN.

Manager PT. PLN (Persero) Wilayah NTT area Sumba, Made Hary Palguna menyampaikan hal itu ketika dikonfirmasi Pos Kupang di ruang kerjanya, Selasa (26/9/2017).

Palguna mengatakan, dari 242 desa di empat kabupaten itu yang belum ada listrik PLN, maka pihaknya menargetkan pada tahun 2017 ini membuka jaringan PLN untuk 80 desa yang tersebar di empat kabupaten di daratan Sumba.

"Kita tetap bepedoman pada data awal tahun 2016 yakni masih kurang 242 desa untuk seluruh daratan Sumba dengan total keseluruhan desa di daratan Sumba sekitar 400 lebih desa menurut data tahun 2016 itu yang belum teraliri listrik. Rencana pada tahun 2017 PLN Sumba mempunyai target akan melakukan eksekusi atau pengaliran jaringan listrik untuk 80 desa di daratan Sumba ini," jelas Palguna.

Dikatakanya, pengembangan jaringan listrik PLN tersebut sementara ini sedang dilakukan pekerjaan pemasanganya. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved