Berita Kota

Mengenal Lebih Dekat Caro David Habel Edon Sang Maestro Sasando

perjalanan sasando Habel Edon diawali dari sering membantu ayahnya membuat sasando dan belajar menyetem sasando

Mengenal Lebih Dekat  Caro David Habel Edon Sang Maestro Sasando
sumber foto: Edon sasando.wordpress.com
Caro David Habel Edon 

Laporan Reporter Pos Kupang Maria A.E.Toda

POS-KUPANG.COM,KUPANG--Caro David Habel Edon lahir di Mataram 15 September 1962 dari pasangan almarhum Arnoldus Edon dan Marselina Christiana Arnoldus Edon.

SASANDO --- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi (kedua dari kanan) mengenakan topi khas NTT, Ti'i Langga dan memegang alat musik Sasando yang dihadiahi oleh Pemimpin Umum SKH Pos Kupang, Damyan Godho (kanan) saat mendatangi redaksi Pos Kupang, Senin (28/4/2014) malam bersama Gubenur NTT, Frans Leburaya (kanan).
SASANDO --- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi (kedua dari kanan) mengenakan topi khas NTT, Ti'i Langga dan memegang alat musik Sasando yang dihadiahi oleh Pemimpin Umum SKH Pos Kupang, Damyan Godho (kanan) saat mendatangi redaksi Pos Kupang, Senin (28/4/2014) malam bersama Gubenur NTT, Frans Leburaya (kanan). (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Menurut Marlin Edon Meyners saat ditemui di taman budaya Sabtu 22/7/2017 malam, perjalanan sasando Habel Edon diawali dari sering membantu ayahnya membuat sasando dan belajar menyetem sasando akhirnya mewarisi semua bakat dari ayahnya.

Caro David Habel Edon
Caro David Habel Edon (sumber foto: Edon sasando.wordpress.com)

Dalam kesehariannya Caro David Habel Edon bergumul dengan sasando.

Tahun 2008 ia mulai membuka kursus sasando dengan nama edon sasando dengan tujuan untuk memberikan ilmunya pada generasi baru, sebab ia prihatin masih banyak orang yang belum mengenal sasando dan berminat dengan alat musik yang satu ini.

Alat musik sasando
Alat musik sasando (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Ternyata hasil didikannya banyak yang berhasil ada yang sampai ke luar negeri seperti Jepang, Amerika, Australia, New Zeland, Korea, China dan masih banyak lagi. Selain itu anak didiknya ada yang menyabet prestasi sebagai Putri NTT tahun 2011 Stefani Blegur, Duta wisata 2016, dan pertukaran pelajar Indonesia-Amerika.

Sampai saat ini murid murid Habel Edon sudah mencapai 242 orang dan akan bertambah lagi.

Dalam program BBM atau belajar bersama maestro Habel Edon diberi kepercaayan untuk mendidik dan mengajarkan sasando pada 20 peserta dari beberapa provinsi di Indonesia dengan jangka waktu 14 hari.(*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved