Cara Memilih Roti yang Baik dan Sehat

Saat Anda pergi ke supermarket dan menyusuri lorong khusus roti, akan nampak deretan beragam roti yang menggoda mata dan hati.

Cara Memilih Roti yang Baik dan Sehat
Shutterstock
Shutterstock Roti 

POS KUPANG.COM- Saat Anda pergi ke supermarket dan menyusuri lorong khusus roti, akan nampak deretan beragam roti yang menggoda mata dan hati.

Jika diteliti lebih dekat, pada label kemasan roti-roti itu tertulis macam-macam bahan. Ada yang menambahkan vitamin tertentu, ada yang mencantumkan tulisan "terbuat dari gandum", "terbuat dari gandum utuh", dan lain sebagainya. Mana yang paling sehat untuk Anda?

"Itulah perlunya memersenjatai diri dengan informasi yang cukup mengenai arti yang tertulis pada kemasan makanan," kata ahli gizi Katie Cavuto, R.D.

Di sisi lain, ahli gigzi Keri Gans, R.D.N., C.D.N., yang juga adalah penulis buku The Small Change diet mengatakan bahwa roti memiliki manfaat yang baik.

"Anda tidak perlu takut karbohidrat ini. Roti bisa menjadi makanan tambahan yang sangat bergizi untuk Anda," katanya. Namun, ada empat saran memilih roti sehat menurut rekomendasi para pakar gizi di bawah ini.

LABEL WHOLE (SELURUH) ADALAH KUNCI

Ketika memilih roti, lebih baik pilih yang terbuat dari gandum utuh atau whole wheat. Produk gandum atau biji-bijian utuh menyediakan serat, protein, vitamin, dan mineral untuk tubuh Anda, kata ahli nutrisi Keri Glassman, R.D., C.D.N.

Benci rasa roti gandum? Jangan panik. "Jika yang Anda inginkan adalah roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, maka ada pilihan selain gandum seperti barley, beras merah, atau rami dengan rasa yang berbeda.

PASTIKAN LABEL MENULISKAN KATA 100 PERSEN BIJI-BIJIAN UTUH

Produk roti yang hanya terdiri dari 51 persen biji-bijian bisa melabeli diri dengan tulisan "whole wheat" atau gandum utuh. Itulah mengapa label "100 persen gandum atau biji-bijian (grain)" menjadi sangat penting.

Halaman
12
Editor: Ferry Jahang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved