Izin Operasi Implan Payudara di Australia Diperketat

Kebijakan ini diambil setelah beberapa wanita mengalami komplikasi serius usai operasi.


POS KUPANG.COM, SYDNEY --Kementerian Kesehatan di negara bagian New South Wales, Australia memperketat prosedur operasi plastik.

Kebijakan ini diambil setelah beberapa wanita mengalami komplikasi serius usai operasi.

Menteri Kesehatan New South Wales Jillian Skinner mengatakan, mulai tahun depan, tindak operasi seperti operasi payudara, penyedotan lemak atau pengecilan perut hanya bisa dilakukan di fasilitas yang memiliki perizinan serupa dengan RS swasta.

"Laporan mengenai komplikasi yang diderita beberapa pasien telah menimbulkan kekhawatiran publik mengenai tindak operasi yang dilakukan beberapa orang." kata Skinner.

Selanjutnya, izin bagi dokter bedah plastik akan sama dengan yang berlaku untuk RS swasta.

Ini artinya artinya dokter tidak lagi dizinkan melakukan operasi besar seperti operasi payudara di fasilitas yang bukan klinik kesehatan.

"Perubahan ini akan dimaksudkan untuk memastikan keamanan bagi pasien yang melakukan tindak operasi plastik tertentu." kata Skinner.

Fasilitas yang sekarang belum memiliki izin diberi waktu sembilan bulan untuk mendapatkan izin tersebut.

Sebelumnya, pengkajian aturan operasi plastik ini mulai dilakukan bulan September 2015. Kala itu, seorang wanita dibawa ke RS, karena terkena serangan jantung sehabis menjalani operasi pembesaran payudara.

Dia adalah wanita kedua dalam waktu sembilan bulan yang mengalami serangan jantung setelah menjalani operasi di The Cosmetic Institute (TCI).*

Editor: Hyeron Modo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved