Formappi: Ahok Masih Sulit Dilawan

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menilai rencana pembentukan koalisi gemuk oleh partai Gerindra bukan mer

Formappi: Ahok Masih Sulit Dilawan
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Peneliti Formappi, Lucius Karus, saat ditemui di Sekretariat FITRA, Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015). 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menilai rencana pembentukan koalisi gemuk oleh partai Gerindra bukan merupakan barang baru.

Koalisi gemuk kata Lucius pernah dilakukan pada Pilkada DKI 2012 dan Pilpres 2014. Jadi tidak aneh menurutnya kembali terbentuk wacana tersebut.

Lucius mengatakan, politik bersifat pragmatis, di mana tidak ada prinsip untuk mengusung satu bakal calon saja.

"Tergantung siapa figurnya, tapi siapa figur yang bisa didukung itulah yang bisa mengubah konstelasi," ujar Lucius di Gedung Joeang, Sabtu (14/5/2016).

Lucius menilai, adanya koalisi partai hingga pembentukan relawan gabungan untuk melawan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merupakan sebuah uji coba untuk melihat sejauh mana format tersebut sukses untuk menjungkalkan Ahok.

Menurutnya, akan cukup sulit bagi sebuah partai maupun seorang bakal calon gubernur DKI untuk melawan Ahok secara langsung.

"Saya melihat orang-orang sedang mencari format untuk menjungkalkan Ahok, banyak model dan mencobanya. Koalisi ini, koalisi itu, itulah yang disodorkan oleh orang-orang," ujar Lucius.

"Karena jika face to face dengan Ahok saya kira masih susah, kepercayaan masyarakat terhadap partai politik rendah, dan tidak ada figur yang diusung oleh partai yang saat ini mampu mengalahkan Ahok," sambung Lucius.

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved