Ganti Direktur RSUD Prof WZ Johanes, Gubernur NTT Minta Waktu

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya meminta waktu untuk memproses pergantian direktur RSU W.Z. Johannes Kupang, dr. Alphons Anapa

Ganti Direktur RSUD Prof WZ Johanes,  Gubernur NTT Minta Waktu
istimewa
ALPHONSIUS ANAPAKU 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Jumal Hauteas

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya meminta waktu untuk memproses pergantian direktur RSU W.Z. Johannes Kupang, dr. Alphons Anapaku yang sedang sakit dan dirawat di Bali sejak akhir tahun 2013 lalu.

Ketua DPRD NTT, Haji Anwar Pua Geno, S.H menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi Pos Kupang di ruang kerjanya, Jumat (13/3/2015). Dijelaskannya permintaan gubernur ini disampaikan dalam pertemuan bersama pimpinan DPRD beberapa waktu lalu.

"Pertemuan pimpinan DPRD dan gubernur ini sesuai dengan rekomendasi dari Komisi V," jelasnya.

Dijelaskannya, walau mengakomodir permintaan gubernur, pimpinan DPRD tetap meminta gubernur untuk tidak terus menunda penggantian direktur RSU W. Z. Johannes Kupang.

"Gubernur minta waktu, tetapi kami pimpinan minta untuk dipercepat, karena ini sudah lebih dari satu tahun terjadi kekosongan secara fisik," tegasnya.

Pengisian direktur RSU W. Z. Johannes Kupang menurut Anwar penting karena rumah sakit bukanlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak berhubungan dengan nasib manusia, sehingga bisa dipimpin oleh seorang pelaksana tugas (plt) hingga bertahun-tahun lamanya.

"Rumah sakit itu mengurus kepentingan banyak orang karena harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Karena kesehatan adalah hak dasar masyarakat dan harus disediakan pemerintah," tegasnya.

Menurut Anwar, rumah sakit adalah institusi pelayanan publik yang membutuhkan perubahan pelayanan dari waktu ke waktu sehingga harus dibenahi dan dipimpin oleh pemimpin yang bisa mengambil keputusan dengan baik.

"Kita minta segera diganti karena rumah sakit itu tidak sama dengan perpustakaan atau badan arsip. Jangan bebani orang sakit untuk berpikir tentang nasib banyak orang lagi. Jadi biarlah beliau (dr. Alphons Anapaku) bisa berpikir untuk penyembuhan dirinya dan tidak lagi terbebani dengan tugasnya di rumah sakit sebagai direktur," jelas Anwar.

Untuk memastikan penggantian direktur RSU W. Z. Johannes Kupang tidak terus berlarut-larut, Anwar menegaskan pihaknya akan terua berkoordinasi dengan gubernur agar segera dilakukan pergantian.

"Ini memang hak nya gubernur, tetapi untuk kesejahteraan masyarakat kita tetap mendorong gubernur untuk dipercepat," tandasnya.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved