Tikam Turo Sudah Dilakukan Umat Katolik Kota Larantuka

Pemancangan tiang-tiang lilin ( Tikam Turo) di sepanjang jalur utama prosesi Jumat Agung (18/4/2019) dalam tradisi perayaan Semana Santa

Tikam Turo Sudah Dilakukan Umat Katolik Kota Larantuka
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Jalur jalan utama prosesi Jumat Agung telah dipancang tiang lilin (Tikam Turo), Senin (15/4/2019) untuk prosesi Jumat Agung di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, NTT. 

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Pemancangan tiang-tiang lilin ( Tikam Turo) di sepanjang jalur utama prosesi Jumat Agung (18/4/2019) dalam tradisi perayaan Semana Santa ( Pekan Suci) oleh Umat Katolik Kota Larantuka di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Pulau Flores, NTT sudah dimulai Senin (15/4/2019) subuh.

Tikam Turo selama ini dilaksanakan setiap Rabu dan Kamis, dalam tradisi Semana Santa disebut Rabu Trewa dan Kamis Putih.

Tetapi tahun ini, Tikam Turo dimajukan hari Senin, karena Rabu (17/4/2019 bertepatan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019.

Mantap! SMAS Katolik Fransiskus Boawae Tukar Mading dengan Seminari Mataloko

Umat dan suku-suku Semana bergotong royong memancangkan tiang-tiang dari kayu kukung dan belahan bambu diikat menggunakan tali gebang. Pada titik jalur utama prosesi juga mulai dibangun Armida (Perhentian dalam Jalan Salib).

Jalur utama prosesi Jumat Agung dimulai dari Gereja Katedral melintasi wilayah Kelurahan Lokea, Pohon Sirih, Lohayong, Balela dan Larantuka. Jalur prosesi ini meliputi ruas jalan utama yakni Jalan Bawah dan Jalan Tengah di kelurahan-kelurahan ini.

Dinas Nakertrans Manggarai Timur Minta BPJS Ketenagakerjaan Hadir di Borong

Lalu lintas kendaraan umum di depan Kantor DPRD Flotim dan Monumen Herman Fernandez merupakan jalur utama prosesi ditutup. Lalu lintas kendaraan dialihkan melalui jalan atas. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved