Guru dan Murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota Kupang Belajar Safety Riding

guru dan murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota Kupang belajar Safety Riding atau berkendara aman di Kantor Pos Kupang, Jumat (12/4/2019).

Guru dan Murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota Kupang Belajar Safety Riding
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS
Mas Arditya, Instruktur Safety Riding sedang membawakan materi Safety Riding di Kantor Pos Kupang, Jumat (12/4/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Para guru dan murid SMA Ki Hadjar Dewantoro Kota Kupang belajar Safety Riding atau berkendara aman di Kantor Pos Kupang, Jumat (12/4/2019).

Materi Safety Riding diberikan oleh Mas Arditya Elva Hardini, instruktur Safety Riding
PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Motor.

PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Motor saat ini memang tengah gencar mengkampanyekan safety riding di sejumlah sekolah dan komunitas di Nusa Tenggara Timur.

Tujuannya, mengedukasi masyarakat terutama generasi muda agar berkendara aman sehingga bisa terhindar dari bahaya kecelakaan atau kematian.

Arditya mengatakan, keselamatan berkendara harus dipelajari sejak dini, untuk itulah kegiatan Safety Riding menyasar sekolah-sekolah.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan RI, kecelakaan lalulintas seringkali terjadi pada mereka yang berusia produktif, 16-35 tahun.

"Kan sayang usia produktif itu kan kerja, sekolah meraih cita-cita, mengejar karier dan macam-macam. Kalau kecelakaan, yah bisa menyebabkan kematian, sakit atau lumpuh," jelasnya.

Dalam sosialisasi safety riding para guru dan siswa dibekali pengetahuan bagaimana mengendarai motor dengan aman agar selamat dari bahaya kecelalakan.

Mas Arditya mengatakan berkendara secara baik dan tepat tidak hanya menyelamatkan diri sendiri saja, tapi juga tidak membuat orang lain atau pengendara motor yang lain celaka.

Lalu bagaimana berkendara yang baik? Lanjutnya, pertama memastikan bahwa kendaraan/motor dalam kondisi yang bagus.

Dari sisi pengendara, tentunya punya surat ijin mengemudi dan dalam kondisi sadar/sehat.

Hal penting yang tidak boleh diabaikan, pengendara harus punya pengetahuan berkendara aman dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi sehingga tidak merugikan pengendara lain.

Berbagai atribut penting yang harus dikenakan saat berkendara, antara lain, helm, jaket, sepatu dan kaos tangan.

Menurutnya atribut-atribut ini dapat melindungi pengendara sepeda motor dari kecelakaan atau mengurangi bahaya kecelakaan.. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved