Di Kabupaten Lembata, PLN Didesak Perbaiki Jaringan ke Dusun Tirer

anajemen PLN Rayon Lembata, didesak untuk segera memperbaiki jaringan listrik ke Tirer, Desa Lusiduawutun, Kecamatan Nagawutun. Pasalnya, jaringan lis

Di Kabupaten Lembata, PLN Didesak Perbaiki Jaringan ke Dusun Tirer
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
BERSAMA KORBAN BENCANA -- Kepala Desa Lusiduawutun, Martinus Enga (kiri) saat bersama korban bencana di Dusun Tirer, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Manajemen PLN Rayon Lembata, didesak untuk segera memperbaiki jaringan listrik ke Tirer, Desa Lusiduawutun, Kecamatan Nagawutun. Pasalnya, jaringan listrik itu putus sejak banjir bandang menerjang 4 rumah penduduk di Baurajan, Dusun Tirer, dua pekan lalu.

Desakan itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Lusiduawutun, Martinus Enga, melalui telepon selulernya kepada Pos Kupang.Com, Selasa (26/3/2019).

"Kami minta PLN segera memperbaiki jaringan listrik yang rusak ini supaya masyarakat segera menikmati listrik," ujar Kades Martinus.

Dikatakannya, saat hujan lebat mengguyur wilayah itu baru-baru ini, bukan hanya banjir bandang yang menerjang empat rumah di RT 07, RW 04 Baurajan, Dusun Tirer. Di beberapa titik juga terjadi tanah longsor.

Tanah longsor itu mengakibatkan wilayah Lusiduawutun dan Desa Warawatun serta beberapa di sekitarnya, terputus seluruh akses dari dan ke daerah itu. Masyarakat tak bisa bepergian karena tak ada kendaraan yang melayani transportasi di wilayah setempat.

Saat ini, lanjut Kades Martinus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengatasi masalah transportasi tersebut. BPBD Lembata juga telah mengerahkan alat berat ke wilayah tersebut untuk memperbaiki kerusakan jalan akibat tanah longsor dan banjir bandang itu.

Seria A Liga Italia Tak Akan Dimainkan di China, Ini Alasannya

Liga Inggris- Cristiano Ronaldo Ungguli Eric Cantona di Daftar 10 Pemain Terbaik

Alhasil, kendaraan umum telah beroperasi untuk melayani masyarakat. Warga juga sudah bisa bepergian kapan saja, lantaran satu-satunya ruas jalan lingkar Lembata yang melewati desa-desa di pantai utara Nagawutun tersebut, telah diperbaiki.

"Saat ini, transportasi ke Lusiduawutun sudah lancar. Akses yang sebelumnya terputus akibat bencana alam itu, sudah diatasi. Jadi warga tidak mengeluhkan lagi soal jalan yang rusak itu," ungkap Martinus.

Hanya saja, lanjut dia, listrik masih menjadi soal. Sebab jaringan listrik yang putus ke Tirer itu, sampai sekarang belum diperbaiki. Jaringan listrik itu putus karena tertimpa pohon yang tumbang dan yang patah saat hujan lebat tersebut.

"Kami berharap kerusakan ini segera diperbaiki. Karena pemerintah telah memperbaiki kerusakan pada ruas jalan itu. Mengingat jalan sudah diperbaiki, sehingga petugas lapangan PLN juga sudah bisa turun ke lapangan. Kami berharap manajemen PLN Rayon Lembata segera merespon hal ini," ujarnya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved