Debat Ketiga Capres, KPU Usul Para Undangan Bisa Bertanya Langsung

KPU RI usul ada format baru pada pelaksanaan debat pilpres ketiga yang jauh lebih eksploratif dibanding debat-debat sebelumnya. Ini usulannya

Debat Ketiga Capres, KPU Usul Para Undangan Bisa Bertanya Langsung
POS KUPANG/MARIA ENOTODA
Ketua KPU RI Arif Budiman beserta jajaran seusai Rakornas KPU RI di Hotel Aston Rabu 13/9/2017 

Debat Ketiga Capres, KPU Usul Para Undangan Bisa Bertanya Langsung

POS-KUPANG.COM- KPU RI usul ada format baru pada pelaksanaan debat pilpres ketiga yang jauh lebih eksploratif dibanding debat-debat sebelumnya.

Format tersebut yakni usulan keterlibatan mereka yang hadir sebagai tamu undangan untuk bisa bertanya langsung pada paslon.

Mereka yang bertanya juga bukan sembarang orang, melainkan sebelumnya sudah diseleksi sebagai pemateri sesuai usungan tema saat itu dan sudah teruji netralitasnya.

Jokowi Dituduh Pakai Alat Bantu Komunikasi di Debat Capres Kedua, Ternyata Ini Faktanya

Viral di Debat Capres, Ini 4 Unicorn Indonesia, Menkeu Sri Mulyani Bocorkan Langkah Jokowi

"Kami inisiasi ada pertanyaan langsung dari pihak yang terlibat dan kompeten dengan tema. Misalkan ke depan (debat ketiga) tema pendidikan, kesehatan, yang kesejahteraan rakyat itu, jadi pakar pendidikan tanya langsung, atau bukan pakar, tetapi pengelola pendidikan non pemerintah," ujar Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Usulan KPU RI ini baru sebatas gagasan saja, dan belum dibicarakan oleh kedua kubu tim kampanye. KPU masih perlu mengkaji bagaimana uraian usulan tersebut bisa dimatangkan.

"Masih perlu kajian secara metodologis, praktisnya gimana. Orang kan harus punya gagasan besar dulu," katanya.

Bila memang gagasan KPU RI itu dapat diterima oleh kedua paslon, maka kehadiran panelis yang memang diwajibkan oleh Undang-Undang, tidak akan dihilangkan.

Nantinya para panelis tetap menyusun pertanyaan untuk segmen tertentu. Sementara gagasan baru bertanya langsung hanya diberlakukan pada satu segmen saja. Dengan begitu kehadiran panelis tidak akan kehilangan fungsinya.

"Paling memungkinkan adalah pembuat materi tetap ada. Tetapi kita menyajikan format dan mekanisme debat yang memungkinkan kandidat lebih eksploratif," jelas dia.

Debat Capres Kedua, Greenpeace Bantah Pernyataan Jokowi Soal Tak Ada Kebakaran Hutan Selama 3 Tahun

Debat Capres Kedua, Jokowi Ungkit Bangun 7 Bendungan di NTT, Ini Spesifikasinya

Debat ketiga pilpres akan diselenggarakan Minggu (17/3/2019). Pesertanya adalah cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Untuk diketahui, debat ketiga pilpres 2019 akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Minggu 17 Maret 2019. Pesertanya hanya calon wakil presiden masing-masing kubu, yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Tema yang diusung adalah Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Budaya. Disiarkan langsung oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Format Debat Ketiga, KPU Usul Para Undangan Bisa Bertanya Langsung

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved