Cuaca Buruk

Trans Utara Pulau Flores Lumpuh Total, Jembatan Putus Diterjang Banjir

Putusnya jembatan ini mengakibatkan lumpuhnya transportasi dari dan Maumere melintasi trans utara Pulau Flores.

Trans Utara Pulau Flores Lumpuh Total, Jembatan Putus Diterjang Banjir
ISTIMEWA
RUSAK-_ Jalan pantura Flores Timur nyaris putus 

Laporan Reporter Pos-Kupang.com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Hujan deras  melanda  seluruh  Kabupaten  Sikka,   Kamis (17/1/2019) siang,   memutuskan dua  unit jembatan darurat  di  Dagemage, Kecamatan Magepanda, 16 km arah   utara  Kota Maumere, Pulau  Flores, Proninsi NTT.

Putusnya  jembatan ini mengakibatkan  lumpuhnya  transportasi  dari  dan Maumere melintasi  trans utara  Pulau Flores.  

Gelagar jembatan darurat  tersebut dibawa  banjir,selain itu badan jalan aspal sekitar jembatan ambruk tergerus banjir. Pohon-pohon yang berada di pinggir  juga jalan turut ambruk terbawa banjir. Sebuah tiang listrik milik PT PLN tampak tergantung dan nyaris ambruk.

Thomas  Nong,  warga   Nangarasong  menuturkan  hujan deras  disertai guntur dan kilat terjadi sejak pukul 10.00 Wita. Sekitar pukul 12.00 Wita muncul  banjir dan sekitar pukul 13.00  Wita, jembatan darurat Dagemage  satu ambruk disusul dengan jembatan darurat Dagemage  dua    letaknya  200-an meter itu  dari  jembatan pertama.

“Di gunung sudah hujan sejak pagi. Tiba-tiba terdengar gemuruh seperti bunyi petir, kami pikir guntur.   Ternyata  orang berteriak jembatan putus. Saya langsung keluar dari rumah dan saya melihat jembatan dua-duanya sudah putus,”   ujar Thomas.

Thomas, juga menghubungi aparat desa  menyampaikan  kejadian  ini. “Saya hubungi polisi, saya takut jangan sampai ada pengguna jalan yang tidak tahu jembatan putus, bisa bahaya. Saya menghubungi polisi untuk menjaga di lokasi jembatan putus,” kata Thomas.

Jembatan  Dagemage menjadi   urat  nadi  utama  transportasi    dari  Maumere  ke lintas utara  Pulau   Flores melewati Kecamatan Magepanda di  Kabupaten  Sikka,  Kecamatan  Kota Baru, Maurole dan Maukaro di Kabupaten  Ende hingga  ke  Kota Mbay Kabupaten Ngada.*

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved