Berita Kabupaten Manggarai

Ingin Tanam Sayur ! ASN di Manggarai Bentuk Kelompok Tani

Enam ASN di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai tak mau kalah dari petani. Mereka pun bertekad membentuk kelompok tani guna menanam sayur.

Ingin Tanam Sayur ! ASN di Manggarai Bentuk  Kelompok Tani
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
KADIS PERTANIAN MANGGARAI, YOSEPH MANTARA  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Enam ASN di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai tak mau kalah dari petani. Mereka pun bertekad membentuk kelompok tani guna menanam sayur.

Keenam ASN yang tinggal di Desa Poco Lika, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai ingin menanam sayur karena melihat usaha kelompok tani di desanya yang sukses mendapat uang dengan menanam sayur.

Selain itu, para ASN ini ingin kebutuhan sayur setiap hari bisa dibeli dan didapat dari kebun sendiri.

Tekad enam ASN yang membuat kelompok tani dengan nama Karya Bersama ini disampaikan Kristoforus Sanusi,Guru SMAN 1 Ruteng ketika Natal dan Tahun Baru Bersama di KWT Nai Ca Anggit, Ntar Lango, Desa Poco Lika, Kecamatan Ruteng, Senin (14/1/2019) malam.

Di depan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus dan pimpinan OPD yang hadir, Sanusi bercerita kenapa ASN mau membentuk kelompok tani.

“Awalnya kami tidak mau takut nanti kena marah. Tetapi kami lalu sepakat bentuk kelompok tani. Kami petemuan satu malam lalu sepakat nama kelompoknya Karya Bersama. Kami bentuk kelompok dan mau tanam sayur karena tidak mau dapat sayur gratis setiap hari dari KWT Nai Ca Anggit.

Kami kalau pulang sekolah lihat ibu-ibu panen sayur kami pura-pura tanya. Ibu-ibu di KWT Nai Ca Anggit lalu isi sayur di kantong. Kami mau bayar mereka tidak mau. Kami pernah beli 2 Kg mau bayar mereka tidak mau.

Kami lalu piker kalau setiap hari kasih juga tidak baik. Maka itu kami juga bentuk kelompok mau tanam sayur biar ada sayur sendiri. Kalau ada sayur kami tidak ke pasar lagi,” ujar Sanusi.

Kadis Pertanian Manggarai, Yoseph Mantara yang diberikan kesempatan menanggapi adanya kelompok tani mengapresiasi adanya ASN yang mau menanam sayur.

“Kami apresiasi. Nanti buat berita acara pembentuk kelompok bersama PPL. Setelah itu, lapor ke dinas biar dimasukkan sebagai kelompok tani yang resmi,” ujar Kadis Mantara.

Ini Nama Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo! Hery Nabit Dilantik Jadi Direktur Destinasi

Ia mengatakan, bantuan bagi kelompok tani yang menanam sayur akan diberikan seperti benih dan alat-alat menanam.

“Kalau kelompok simantri bantuannya lebih besar karena ada gabungan dari beberapa kelompok tani,” papar Kadis Mantara.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved