Berita NTT Terkini

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Hadirkan Pusat Layanan Publik, Ini Fungsinya

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menghadirkan ruang khusus public service center (pusat pelayanan publik)

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Hadirkan Pusat Layanan Publik, Ini Fungsinya
ISTIMEWA
Kantor Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang 

POS-KUPANG.COM - Dalam upaya perluasan informasi publik, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menghadirkan ruang khusus public service center (pusat pelayanan publik) dengan fungsi pelayanan informasi dan dokumentasi mengenai kegiatan BBPP.

Dalam rangka meningkatkan upaya penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) BBPP Kupang memastikan pemberian pelayanan dan tersedianya informasi layanan yang jelas dan akuntabel secara tersentral, dengan nama Pusat Layanan Publik (PLP) dan juga PPID BBPP Kupang.

Pusat Layanan Publik (PLP) BBPP Kupang merupakan tempat mengakses segala informasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan BBPP Kupang yang didirikan tahun 2015 dan dipandang sebagai salah satu pintu masuk bagi masyarakat peternakan/pertanian maupun masyarakat umum untuk mengenal secara mendalam tentang BBPP Kupang maupun dunia pelatihan peternakan/pertanian. Juga dapat menjadi sarana edukasi bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum.

Sebelum Resmi Menikah, Aura Kasih Menikah Siri Lebih Dulu dengan Pria asal Brazil di Bangkok

Pusat Layanan Publik (PLP) BBPP Kupang diharapkan dapat menjadi land-mark bagi kawasan perkantoran Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang dan menjadi pemicu kreativitas dan daya inovasi insan peternakan/pertanian.

Pusat Layanan Publik (PLP) BBPP Kupang dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi dan dokumentasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong warga negara (citizen) dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah dan terjangkau.

Keberadaan Pusat Layanan Publik (PLP) BBPP Kupang juga merupakan sebuah satuan sinergi yang melekat pada lembaga informasi dan informastika tiap instansi/stakeholder yang membutuhkan.

Umumkan Kehamilan, Aura Kasih Berharap Dia dan Janin dalam Kandungannya Selalu Sehat

Diorama BBPP Kupang adalah gedung milik publik, di mana seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.
Terdapat tiga kegiatan utama yang diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan di dalam Diorama, yaitu pertama adalah kegiatan yang bersifat pembelajaran (edukasi), yaitu tersedianya informasi yang mendukung dalam mengedukasi masyarakat umum, khususnya dibidang peternakan/pertanian.

Kedua, kegiatan layanan informasi tentang pelaksanaan program pembangunan pelatihan peternakan/pertanian secara menyeluruh yang dikemas dalam bentuk poster dan audio visual sebagai penunjang pengembangan bisnis dibidang peternakan/pertanian.

Layanan informasi ini diharapkan memberikan gambaran iklim kewirausahaan yang kondusif dan prosfektif, sehingga dapat memberikan semangat kepada peternak/petani maupun pemangku kepentingan untuk meningkatkan daya saing dan investasinya di sektor peternakan/pertanian.

Ketiga, kegiatan yang sifatnya rekreatif, yaitu dengan tersedianya berbagai peragaan baik dalam bentuk display (poster dan leaflead) maupun kegiatan yang telah dikemas dalam bentuk program multimedia.

Selain itu, disiapkan pula area edukasi di luar gedung Pusat Layanan Publik (PLP) yang berisi koleksi berbagai tanaman (mangga dan buah naga), lahan yang disediakan untuk bertanam tanaman pangan seperti padi serta yang menjadi unggulan adalah peternakan seperti sapi, kambing, ayam maupun rusa.

Kepala Bagian Umum BBPP Kupang, Muhammad Ukkas mengatakan, Pusat Layanan Publik (PLP) sebagai pelayanan publik untuk mengakses informasi dan Dokumentasi mengenai Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang.

"Pusat Layanan Publik (PLP) ini sebagai tempat yang terbuka bagi masyarakat umum yang ingin mencari informasi selengkapnya tentang balai ini. Perlu diketahui juga, BBPP Kupang memiliki cakupan wilayah kerja yang cukup luas dengan menaungi 142 kabupaten/kota dari 11 provinsi diantaranya meliputi NTT, NTB, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku dan Maluku Utara dan semuanya berpusat disini. Jadi tempat ini terbuka untuk umum. Disini juga tempat dilakukan registrasi bagi para peserta pelatihan yang datang dari 11 wilayah provinsi," jelasnya.

Ia menjelaskan, Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di bawah naungan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

BBPP Kupang merupakan balai pelatihan yang melatih keahlian teknis, fungsional dan profesi di bidang peternakan bagi aparatur dan non aparatur pertanian untuk mewujudkan sumber daya manusia. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved