Berita Kota Kupang Terkini

Bayi 1 Hari Bisa Miliki Kartu Identitas Anak, Ini Manfaatnya

Dispendukcapil Kota Kupang mempersiapkan draft, peralatan dan media yang dibutuhkan untuk pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Bayi 1 Hari Bisa Miliki Kartu Identitas Anak, Ini Manfaatnya
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Kadis Dukcapil kota Kupang memperlihatkan model KIA di ruang kerjanya, Senin (7/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang tengah mempersiapkan draft, peralatan dan media yang dibutuhkan untuk pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Kota Kupang diperkirakan akan mencetak KIA pada Februari mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, David Mangi, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (7/1/2019) mengimbau agar warga Kota Kupang untuk segera mengurus KIA.

Dalam kepengurusannya untuk anak berusia lima tahun hingga 17 tahun kurang satu hari dapat melampirkan pas foto. Sedangkan dibawah lima tahun tidak perlu menggunakan pas foto.

Puskesmas Oesapa Lulus dengan Predikat Utama

Bila ingin mengurus KIA, persyaratannya tidak seribet mengurus KTP-E yakni dengan melakukan perekaman. Tapi warga cukup melampirkan Kartu Keluarga karena data elektronik anak sudah ada KK.

"KIA tidak memiliki chips sehingga tidak sulit. Printernya juga tersendiri," ujarnya.

Mau Bisnis ke Timor Leste? Ini Tips dari Bea Cukai

Ia menjelaskan KIA berbeda dengan akta kelahiran tapi mirip seperti KTP-E. Bila KTP-E berwarna biru, KIA berwarna merah muda.
Manfaat dari KIA ini, lanjutnya, untuk anak yang berusia lima tahun bisa melakukan transaksi hukum seperti membuka rekening di bank, mengurus BPJS, mengurus sesuatu yang berhubungan dengan identitas.

Saat ini blanko KIA yang sudah tersedia 10.000. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved