Berita Kampus

Ini Yang Akan Dilakukan Undana Tahun 2019 Untuk Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa

Undana Kupang akan menggenjot program pendidikan karakter, psikologi dan meningkatkan soft skill mahasiswa pada tahun 2019.

Ini Yang Akan Dilakukan Undana Tahun 2019 Untuk  Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa
Gecio Viana
Undana Kupang tingkatkan soft skill mahasiswa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang akan menggenjot program pendidikan karakter, psikologi dan meningkatkan soft skill mahasiswa pada tahun 2019.

Program ini sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2018, namun akan lebih diintensifkan lagi pada tahun ini.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Undana Kupang, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, menyampaikan hal ini kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (3/1/2018).

Begini Cara Setiap Zodiak Mendengarkan Musik, Virgo Tenang, Libra Ga Bisa Diam, Zodiak Lain Gimana?

Siprianus, mengatakan, tahun 2018, pihaknya sudah mulai dengan pembinaan berkaitan psikologi, dan tahun 2019 akan perbanyak dan intensifkan.

Menurut Siprianus, kegiatan berkaitan dengan pembinaan karakter, psikologi dan soft skill akan masif dilakukan pada organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) di Undana.

"Ada satu hal yang masih lemah yakni berkaitan dengan karakter dan psikologi mahasiswa, terutama para pengurus BEM dan BLM. Dari mereka diharapkan bisa menular ke mahasiswa lainnya," kata Siprianus.

Dikatakannya, pendidikan karakter dan psikologi sangat penting karena, kemampuan akademik mahasiswa harus ditunjang dengan moral dan atitude yang bagus, sehingga dapat berguna bagi manusia lainnya, bangsa dan negara.

Kronologi Lengkap Oknum Polwan Dipecat: Ditipu Napi, Selingkuh Hingga Foto Syurnya Tersebar

"Jika seorang mahasiswi yang sudah tamat dan pintar, tetapi karakter dan psikologinya tidak bagus, tidak ada guna.
Penekanan saya pada soft skill dan pendidikan karakter serta psikologi," katanya.

Selain itu, terkait peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa Undana, ia mengaku akan lebih mengintensifkan pendidikan wirausaha sehingga mahasiswa dimampukan melihat peluang dan membuka lapangan kerja sendiri.

Lanjut Siprianus, peluang wirausaha semakin terbuka saat beberapa perusahaan bersedia memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mahasiswa.

"Ada peluang untuk berwirausaha dan para mahasiswa sama-sama dibina oleh beberapa perusahaan yang ada. Jadu kami mulai bekerjasama dengan BRI dan mereka siap bina anak-anak kami. Kami siapkan soft skill. Karena baru-baru ini ada banyak permintaan untuk mahasiswa dibina," katanya.

Kabar Gembira, Pemerintah Segera Buka Pendaftaran PPPK, Lihat Jadwal dan Perbedaannya dengan PNS

Dia menambahkan, pihaknya pada tahun 2019 akan semakin gencar melakukan Program Kreativitas Nasional.

Menurutnya, program secara nasional tersebut harus ada di setiap fakultas di Undana Kupang untuk meningkatkan kemampuan akademik berupa penelitian, pengembangan bakat serta minat mahasiswa.

Selain itu, katanya, setiap tahun pihaknya selalu mempersiapkan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba dan olimpiade tingkat nasional. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved