Berita Sumba Timur Terkini

Ratusan Anakan Pohon Kemiri Ditanam di Pinggiran Sungai Wanga, Sumba Timur

Ratusan anakan pohon kemiri ditanam di area pinggiran daerah aliran sungai (DAS) sungai Wanga di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu

Ratusan Anakan Pohon Kemiri Ditanam di Pinggiran Sungai Wanga, Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Kepala DLHD Kabupaten Sumba Timur, Ida Bagus Putu Punia, bersama Area Control Operation PT MSM, Giri Soeprapto sedang menanam simbolis anakan pohon kemiri. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Ratusan anakan pohon kemiri ditanam di area pinggiran daerah aliran sungai (DAS) sungai Wanga di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur.

Anakan pohon kemiri yang ditanam di pinggiran sungai Wanga tersebut ditanam di area operasi perkebunan tebu milik PT Muria Sumba Manis (MSM).

Penaman pohon kemiri tersebut diawali dengan penanaman simbolis oleh Kepala DLHD Kabupaten Sumba Timur, Ida Bagus Putu Punia bersama Area Control Operation PT.MSM Giri Soeprapto, Kepala UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Sumba Timur Andumila B. Kapita, beserta pihak Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sumba Timur yang berlangsung di Wanga, Sabtu (15/12/2018).

Bahagianya Julie Laiskodat Dapat Bingkisan Natal dari FPIK UKAW Kupang

Hadir juga dalam acara penanaman simbolis itu para pegawai dari Taman Nasional Matalawa, Dinas LHD, dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, UPT KPH dan sejumlah karyawan dari PT. MSM.

Area Control Operation PT.MSM Giri Soeprapto dalam acara yang diusung dengan tema 'Tanam Pohon Kemiri Untuk Masa Depan Air Sumba Timur Yang Lebih Baik' itu mengatakan kegiatan penanaman anakan pohon kemiri itu selain dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2018 juga manajemen PT.MSM memiliki komitmen untuk ikut melestarikan lingkungan hidup dengan memfaatkan setiap jangkal lahan yang diberikan kepada pihaknya untuk dikelola demi kesejahteraan masyarakat.

Investigasi Perusakan Bendera dan Atribut Demokrat, Hari Ini AHY ke Riau

Kata Giri, PT.MSM juga dituntut menjaga lingkungan hidup dan tata kelola air apalagi budidaya tanaman tebu yang saat ini sedang dikelola sangat bergantung terhadap ketersediaan air.

Dia juga berjanji dengan segela keterbatasan yang dimiliki pihaknya berusaha sekuat tenaga untuk menjaga tata kelola air yang baik, karena PT. MSM ingin hidup berdampingan dengan masyarakat dengan saling menguntungkan dan tidak saling merugikan.

Giri juga mengatakan, diharapkan bersama dengan kehadiran PT MSM bisa memberikan manfaat baik secara regional propinsi NTT, Kabupaten Sumba Timur, kecamatan-kecamatan hingga sampai di tingkat yang paling kecil yakni desa-desa.

Ia juga berjanji kedepan pihaknya akan memperbanyak menanam pohon-pohon di lokasi yang tidak ditanami tebu sesuai dengan harapan dari pihak DLHD Kabupaten Sumba Timur yang bernilai ekonomis, dan dapat menghasilkan air.

"Jadi kita tanami dengan tanaman-tanaman reboisasi untuk membantu memperbanyak tangakapan air. Ini sebagai bentuk komitmen perusahan untuk melestarikan lingkungan hidup. Kita tanam di area yang kosong yang tidak ditanami tebu nanti kita tanam banyak pohon bukan hanya kemiri, tetapi pohon lain yang dapat menghasilkan air dan penghijauan seperti beringin, cemara dan pohon Sakura Suma," kata Giri.

Giri juga menyampaikan terima kasih kepada DLHD, TN Matalawa, UPT KPH Sumba Timur, Dinas Pertanian, Pemerintah Kecamatan Umalulu, dan Pemdes serta toko masyarakat setempat.

Kepala DLHD Kabupaten Sumba Timur, Ida Bagus Putu Punia juga dalam kegiatan itu mengatakan penanaman pohon yang dilakukan oleh PT. MSM bekerja sama dengan pihaknya, adalah bagian dari komitmen mereka untuk pemulihan dan Penyelamatan mata air, serta bernilai ekonomis.

Dari sisi pemerintah, masyarakat dan lingkungan, kata Ida Bagus itu merupakan bentuk kegiatan penyelamatan lingkungan yang akan memberikan nilai positif untuk masa depan daerah sekitarnya dan untuk masa depan Sumba Timur.

Menurutnya Sumba Timur merupakan daerah yang kering dengan curah hujan yang pendek, sehingga membutuhkan strategi untuk penyelamatan lingkunganya, dengan memanam pohon. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved