Berita Kabupaten Sumba Timur

Pemkab Sumba Timur Minta Arahkan Bangun di Waingapu

berdasarkan ada Informasi lepas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan Cabang DKP propinsi NTT tersebut akan dibangun di Kabupaten Sumba Barat Daya,

Pemkab Sumba Timur Minta Arahkan Bangun di Waingapu
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Sumba Timur,Yohanis Njurumana sedang memberikan keterangan pers. 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU---Berdasarkan Informasi Lepas bahwa ada rencana pembangunan satu cabang Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi NTT untuk melayani empat Kabupaten yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Kabupaten Sumba Barat Daya di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pemkab Sumba Timur meminta kepada Pemerintah Propinsi NTT agar kembali mengarahkan untuk bangun di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumba Timur, Markus K.Windi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Kabupaten Sumba Timur Yohanis Njurumana menyampaikan hal itu ketika ditemui POS-KUPANG. COM, Selasa (27/11/2018).

Yohanis mengatakan, berdasarkan ada Informasi lepas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan Cabang DKP propinsi NTT tersebut akan dibangun di Kabupaten Sumba Barat Daya, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur mengharapkan kepada Pemerintah Propinsi untuk mengarahkan pembangunan cabang Dinas tersebut di Waingapu, Sumba Timur.

Baca: Ini Harapan Bupati TTU Terkait dengan RUPS Bank NTT

"Sehingga memang cabang dinas itu diharapkan dibangun di Kabupaten Sumba Timur mengingat luas laut, dan panjang garis pantai Sumba Timur lebih luas dan panjang. Selain itu, potensi budidaya maupun perikanan tangkap lebih berkembang di Kabupaten Sumba Timur,"ungkap Yohanis.

Yohanis juga menjelaskan perencanasn pembangunan cabang Dinas tersebut terkait dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa banyak kewenangan di sektor Keluatan dan Perikanan yang menjadi kewenangan Kabupaten yang ditarik menjadi kewenangan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Propinsi.

Dikatakan Yohanis, sehingga turunan dari itu, untuk mendekatkan pelayanan bahwa Pemerintah Propinsi akan membangun namanya cabang Dinas Kelautan dan Perikanan yang berada di Kabupaten.

Yohanis mengatakan, sesuai informasi yang diperoleh untuk daratan Sumba akan dibangun satu Cabang Dinas untuk melayani empat kabupaten yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Cabang Dinas tersebut mempunyai tiga fungsi yakni pertama pengawasan, kedua konservasi, dan ketiga perijinan.

"sehingga selama ini ada kendala bahwa kapal-kapal yang ukuranya di atas 10 GT dan harus mengurus ijin ke propinsi ini menjadi persoalan baik dari segi kesiapan material, dan waktu itu agak susah, sehingga diharapkan cabang dinas secepatnya terealisasi dan di bangun di Sumba Timur,"kata Yohanis.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved