Berita Kota Kupang Terkini

Atasi Genangan Air, Lurah Kelapa Lima Arahkan Warga Buat Sumur Resapan

Lurah Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Dra. Marselina Nahak mengarahkan warganya secara swadaya membuat sumur resapan

Atasi Genangan Air, Lurah Kelapa Lima Arahkan Warga Buat Sumur Resapan
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Lurah Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Dra. Marselina Nahak ketika ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Selasa (27/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Lurah Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Dra. Marselina Nahak mengarahkan warganya secara swadaya membuat sumur resapan untuk mengatasi genangan air yang kerap menjadi persoalan pascahujan mengguyur wilayah tersebut, Selasa (27/11/2018).

"Jadi saya sudah berkoordinasi dengan beberapa RT untuk mereka kalau bisa swadaya untuk pembuatan lubang resapan," ungkapnya ketika ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang membuat sumur resapan tersebut merupakan masyarakat yang tinggal di dekat titik yang sering mengalami genangan air pascahijan.

Baca: Jokowi Sebut Ojek Online Pekerjaan yang Sangat Mulia

Dia mengharapkan, warga secara sukarela dapat memberikan sebagian lahannya untuk membuat sumur resapan baik di titik yang sering tergenang air maupun titik genangan air di area publik.

Selain itu, tambah Marselina, sumur resapan yang dibuat masyarakat di dekat rumah mereka juga memiliki fungsi lainnya yakni saat musim kemarau dapat digunakan untuk menampung air limbah rumah tangga yang dimiliki warga.

Baca: Jokowi Minta Politisi PDI-P, Adian Napitupulu Demo di Istana

Ia mengaku, pihaknya juga telah mengusulkan kepada pemerintah melalui Musrenbang terkait beberapa titik tempat genangan air untuk mendapatkan kucuran dana.

"Jalau memang masyarakat belum mengerjakan (sumur resapan) dan ada dana dari pemerintah lebih dahulu untuk mengerjakan, ya kami bersyukur," ucapnya.

Dirinya berharap, pemerintah dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sumur resapan sehingga dapat mengatasi genangan air yang selalu dialami setiap tahunnya.

Selain itu, ia juga menyinggung terkait sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya yang menjadi salag satu penyebab air tergenang.

Sehingga, kata Marselina, pihaknya menyambut baik atensi Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat untuk memerangi sampah di Kota Kupang lebih khusus di wilayahnya.

"Saya senang dengan pak gubernur bahwa ia mau untuk sampah-sampah plastik ini harus kita atasi. jadi kalau bisa juga itu Perda yang sudah ada ini kita tegakkan secara utuh sudah, kan perda sudah ada tinggal kita action saja karena masyarakat juga tahu sebab sampah ini yang menjadi biang untuk air tergenang juga," katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved