Berita Kabupaten TTU Terkini

Di TTU, Plan Gelar Public Event Adaptasi Perubahan Iklim Bagi Anak-anak dan Kaum Muda

Plan International menggelar public even adaptasi perubahan iklim khusus bagi anak-anak dan kaum muda yang ada di Kabupaten TTU.

Di TTU, Plan Gelar Public Event Adaptasi Perubahan Iklim Bagi Anak-anak dan Kaum Muda
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para pembicara dalam public event adaptasi perubahan iklim bagi anak-anak dan kaum muda di Hote Ariesta, Kota Kefamenanu, Senin (19/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Plan International menggelar public even adaptasi perubahan iklim khusus bagi anak-anak dan kaum muda yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Ariesta, Senin (19/11/2018).

Program adaptasi perubahan iklim yang berpusat pada anak (Child-Centered Climate Change Adaptation - 4CA) telah dilaksanakan oleh Plan International Indonesia sejak tahun 2011.

Plan melanjutkan program tersebut sebagai bagian dari International Climate Initiative (IKI). Kegiatan yang didanai oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam, Pembangunan dan Keselamatan Nuklir (BMUB) Pemerintah Jerman.

Baca: Vicky Prasetyo Bengong Saat Angel Lelga Menyebut akan Menikah dengan Pasangannya Fiki Alma

Program tersebut dilaksanakan di Kabupaten TTU dan Kabupaten Lembata, Provinsi TT, dimulai dari tahun 2016 hingga 2018, bersama dua LSM lokal diantaranya PMPB NTT dan CIS Timor sebagai mitra.

Kegiatan tersebut melibatkan 9 SMP dan SMA yang ada di kecamatan Bikomi Utara dan Biboki Selatan serta beberapa sekolah di kota Kefamenanu. Selain itu, kegiatan ini melibatkan juga kaum muda dan pemeritah desa dari dua di kecamatan yang sama.

Baca: Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di UGM Dilimpahkan ke Polda Maluku

Turut hadir beberapa dinas terkait yang selama ini menjadi mitra kerja dalam proyek ini dengan total peserta yang diundang sebanyak 125 orang.

Manager Proyek, Angel Supit menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk mendukung tujuan utama dari proyek yakni, strategi dan solusi efektif untuk adaptasi perubahan iklim yang berpusat pada anak yang dikembangkan di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

"Anak-anak dan kaum muda dapat mempublikasikakn hasil monitoring implementasi seedgrant di tingkat kabupaten. Anak dan kaum muda serta orang dewasa mengetahui peran dan tanggung jawab dalam adaptasi perubahan iklim dan kemudian bisa menjalankannya. Selain itu, adanya aksi atau pentas karya anak-anak dan kaum muda terkait adaptasi perubahan iklim," ungkapnya.

Advocacy Ofgicer Robby Saunoah yang bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut terdiri dari pameran hasil monitoring implementasi seedgrant oleh kaum muda dan anak-anak berupa foto dan tulisan, talkshow partisipasi anak dan kaum muda dalam adaptasi perubahan iklim dan pentas karya-karya terbaik tentang adaptasi perubahan iklim oleh anak-anak dan kaum muda.

Halaman
12
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved