Berita Kabupaten Ngada Terkini

50 Karyawan Hotel di Bajawa Ikut Ujian Sertifikasi Profesi

Sebanyak 50 orang karyawan hotel dan restoran yang ada di Kota Bajawa Kabupaten Ngada mengikuti ujian sertifikasi profesi.

50 Karyawan Hotel di Bajawa Ikut Ujian Sertifikasi Profesi
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana saat kegiatan ujian sertifikasi profesi bagi karyawan hotel dan restoran yang digelar oleh LSP Pariwisata Komodo Flores di Hotel Endelweis Bajawa Kabupaten Ngada, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Sebanyak 50 orang karyawan hotel dan restoran yang ada di Kota Bajawa Kabupaten Ngada mengikuti ujian sertifikasi profesi.

Ujian sertifikasi profesi itu digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Komodo Flores bekerjasama dengan beberapa hotel dan restoran yang ada di Kota Bajawa.

Kegiatan digelar di Hotel Endelweis Bajawa JL. Jenderal Ahmad Yani, No. 76, Tanalodu, Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (13/10/2018).

Baca: Cerita Margot Peraih Cumlaude di STKIP Citra Bakti Ngada, Prestasi untuk Ayah yang Telah Tiada

Kegiatan tersebut dibuka oleh Oktavian Botha Djawa, Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada.

Dalam ujian sertifikasi profesi itu menghadirkan empat orang asesor dari LSP Pariwisata Komodo Flores.

Baca: Indra Sjafri Bicara Soal Skema Gol Timnas U-19 yang Tak Biasa

Empat asesor itu adalah, Intan Gemalapuri, Diesy Kencana Suwarno, Sigit Endrasetyawan dan Felix Soni.

Direktur LSP Pariwisata Komodo Flores, Intan Gemalapuri, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, kegiatan ujian sertifikasi profesi bertujuan Ujian sertifikasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pekerja hotel yang ada.

"Tujuannya asesmen apakah pekerja Hotel dan restoran di Bajawa secara profesi sudah bisa dinyatakan kompeten atau belum kompeten. Dalam hal ini tidak ada lulus atau tidak lulus, karena karyawan kan belajar terus untuk meningkatkan sumber daya manusianya," papar Intan.

Intan mengatakan hasil ujian peserta akan direkomendasikan oleh LSP kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Goalnya yaitu LSP Pariwisata Komodo Flores bekerjasama dengan ASDEP pengembangan SDM Pariwisata dan Kebudayaan antar lembaga Kementerian Pariwisata RI, sepakat untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, kualitas dan daya saing sumber daya manusia bidang hotel dan restoran," papar Intan. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved