Berita Kabupaten Sumba Timur

Pemkab Sumba Timur Tambah Alokasikan 4 Miliar Untuk JKN-KIS Bagi Masyarakat

dana sebesar 4 miliar yang dialokasikan itu untuk mengejar target kepesertaan warga masyarakat dalam BPJS Keshatan JKN-KIS untuk

Pemkab Sumba Timur Tambah Alokasikan 4 Miliar Untuk JKN-KIS Bagi Masyarakat
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Umbu Lili Pekuwali

WAINGAPU, SMART SUMBA------Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mengalokasikan anggaran sebanyak 4 miliar rupiah lebih pada anggaran perubahan tahun anggaran 2018 untuk program BPJS Kesehatan JKN-KIS.

Wakil bupati (Wabup) Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST.,MT Ketika ditemui SMART SUMBA di ruang kerjanya, Kamis (4/10/2018) menjelaskan bahwa pada anggaran perubahan tahun anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mengalokasikan dana sebesar 4 miliar lebih.

Kata Umbu Lili dana sebesar 4 miliar yang dialokasikan itu untuk mengejar target kepesertaan warga masyarakat dalam BPJS Keshatan JKN-KIS untuk mencapai 95 persen atau 100 persen sesuai peraturan pemerintah pusat.

"Alokasi dana 4 miliar lebih untuk BPJS Kesehatan tersebut untuk sementara ini sedang dibahas di sidang Dewan. Ini untuk mengcover sampai dengan 95 persen untuk bisa mencapai 100 persen, karena sejauh ini kita baru mencapai 80 persen lebih terkait kepesertaan JKN-KIS,"jelas Umbu Lili.

Umbu Lili mengatakan pada anggaran perubahan tahun 2018 ini, hanya fokus pada alokasi untuk BPJS saja, tidak ada kegiatan fisik, begitu juga tidak ada belanja aparatur.

"Kita hanya benar-benar fokus pada pengejaran target kepesertaan JKN-KIS mencapai 95 persen saja untuk bisa mencapai 100 persen sesuai aturan. Jadi sekitar 20.000 lebih warga yang akan diakomodir lagi pada anggaran perubahan ini dalam kepesertaan JKN-KIS"pungkas Umbu Lili.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Tri Mayudin mengatakan, tingkat kepesertaan masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Sumba Timur sampai dengan bulan September 2018 belum mencapai 100 persen atau masih 90,10 persen.

Mayudin menjelaskan, hingga saat ini baru sebanyak 215.841 jiwa dari jumlah total Penduduk Sumba Timur 239.563 jiwa atau baru mencapai 90,10 persen warga dalam kepesertaan Program JKN-KIS. Aturan untuk bisa mencapai 100 persen harus mencapai 95 persen.

Kata Mayudin, terkait dengan prosentasi kepesertaan JKN-KIS yang belum mencapai 100 persen tersebut, pihaknya sudah bertemu dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Timur, dengan meminta agar mengakomodir hingga sampai 100 persen kepesertaan masyarakat di JKN-KIS.

Dikatakan Mayudin, dari pertemuan tersebut pihak Pemda Sumba Timur siap mengakomodir kepesertaan JKN-KIS mencapai 100 persen.

"Pemda sudah siap, istilah tinggal ketok palu saja di perubahan ini nanti. Pemda siap menambahkan kepesertaan JKN-KIS sebanysk 20.000 jiwa. Jadi kalau sudah tambah ini, maka sudah pasti mencapai 95 persen atau sudah 100 persen bahakan kita hitung bisa mencapai 96 persen, lebih dari 100 persen,"paparnya. (rob/Adv)



Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved