Berita Flores Timur Terkini

Igo Geroda: Belum Ada Satu Pun Teknologi Bisa Memprediksi Datangnya Bencana

Paulus Igo Geroda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur menyampaikan keprihatinannya akan berbagai bencana

Igo Geroda: Belum Ada Satu Pun Teknologi Bisa Memprediksi Datangnya Bencana
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur, Paulus Igo Geroda 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Paulus Igo Geroda, Kepala Bencana Daerah (BPBD)'>Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur menyampaikan keprihatinannya akan berbagai bencana di tanah pekan terakhir, terutama masalah gempa.

Igo Geroda kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (4/10/2018), menjelaskan sampai saat ini belum ada satu pun teknologi yang bisa memastikan datangnya bencana.

"Kami di BPBD saja tidak dibenarkan untuk menyampaikan informasi atau himbauan terkait masalah bencana karena itu akan meresahkan masyarakat," kata Igo Geroda.

Baca: Puluhan Warga Datangi Kantor Dinas Dukcapil TTU, Ini yang Mereka Lakukan

Kata Igo Geroda, BPBD juga tidak boleg ambil langkah antisipatif dan informatif terkait bencana.

"Yang berkewenangan untuk menyampaikan informasi bencana hanya BMKG. Kita hanya bisa lakukan sosialisasi tentang risiko bencana," kata Igo Geroda.

Baca: Ny. Kadijah Lihat Mobil Plat Merah Buang Sampah di Muara Kali Mati, Bupati Sikka Terkejut

Sesuai tupoksinya, BPBD Flotim mempunya tim reaksi cepat yang mempunyai jaringan tim siaga desa dan kecamatan di Flores Timur.

"Jadi kita tidak dibenarkan menyampaikan informasi kesiapsiagaan, tidak boleh," kata Igo Geroda.

Sesuai tupoksinya, kata Igo Geroda BPBD Flores Timur selama ini telah melakukan sosialisasi rutin tentang risiko bencana dan manajemen penanggulangan bencana.

Di Kabupaten Flores Timur mempunya tim reaksi cepat yang sumber daya manusianya dari desa dan kelurahan di Kota Larantuka.

BPBD Flotim juga menyampaikan pelatihan terhadap tim siaga bencana di Puskesmas, di Desa dan Kecamatan di Flores Timur. Menyampaikan tentang peta evakuasi dan lainnya.

Harap Igo Geroda agar di setiap desa di Flotim mempunyai tim siaga bencana, kemudian akan dilatih oleh tim siaga BPBD Flotim.

"Kita bisa sosialisasikan tentang potensi gempa dan tsunami di daerah kita. Informasi tentang kewaspadaan bencana tidak boleh, kecuali dari BMKG," kata Igo Geroda. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help