Berita Kabupaten Lembata Terkini

Jalan Pasir Pantai SGB Bungsu Lewoleba Terancam Putus Gara-gara Abrasi

Ancaman abrasi tak hanya pada tanaman yang tumbuh di pinggir pantai SGB Bungsu, Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jalan Pasir Pantai SGB Bungsu Lewoleba Terancam Putus Gara-gara Abrasi
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Ruas jalan pasir di Pantai SGB Bungsu, terancam putus gara-gara abrasi. Gambar diabadikan, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Ancaman abrasi tak hanya pada tanaman yang tumbuh di pinggir pantai SGB Bungsu, Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tetapi ruas kalan pasir yang ada di tempat itu juga kini terancam putus.

Ruas jalan yang sebelumnya berada beberapa meter dari pantai, kini tidak lagi. Separuh ruas jalan tersebut justeru telah dikeruk oleh abrasi sehingga ruas jalan tersebut terancam putus.

Menurut sejumlah warga yang ditemui Pos Kupang.Com di lokasi abrasi tersebut, Minggu (16/9/2018), sekitar bulan April lalu, keadaannya tidak demikian. Kondisi jalan itu baru terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini.

Baca: 8 Kali Beraksi, 2 Pencuri Ini Ditangkap

"Kondisi jalan yang hampir putus akibat abrasi, mulai terlihat sekitar bulan Juli 2018 ini. Air lautnya naik pelan-pelan sampai akhirnya seperti sekarang," ujar Mahmud. Saat itu ia sedang terburu-buru sehingga seusai mengungkap kalimat itu ia langsung pergi.

Hal senada diungkapkan Abdul Gani Genape yang tiba di tempat itu beberapa saat setelah Mahmud pergi. Gani Genape mengatakan, abrasi di Pantai SGB Bungsu itu mulai terasa sejak 16 tahun lalu, setelah gempa bumi dan gelombang tsunami melanda Maumere Kabupaten Sikka tahun 1992 lalu.

Sejak itu, katanya, abrasi mulai terasa. Setiap tahun selalu ada pepohonan yang tumbang gara-gara abrasi. Sejak 1992 sampai tahun 2018 ini sudah puluhan meter air laut merambat ke wilayah daratan dan menumbangkan banyak sekali pohon kelapa. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved