Berita Kota Kupang

Animo Pencinta Burung Berkicau Meningkat! Ronggolawe Nusantara Launching Latberan

Menyikapi animo masyarakat pencinta burung berkicau di NTT yang makin meningkat, Ronggolawe Nusantara, EO lomba kicau burung di NTT

Animo Pencinta Burung Berkicau Meningkat! Ronggolawe Nusantara Launching Latberan
pos kupang.com, ryan nong
Suasana Lomba Burung Berkicau – Launching Gantangan Harvest di Gantangan Harvest Kelurahan TDM Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Menyikapi animo masyarakat pencinta burung berkicau di NTT yang makin hari makin meningkat, Ronggolawe Nusantara, sebuah event organizer (EO) dalam lomba kicau burung di NTT meluncurkan latberan burung berkicau yang dilaksanakan di Gantangan Harvest TDM, Kelurahan TDM Kecamatan Oebobo Kota Kupang pada Minggu (16/9/2018).

Menurut David Fulbertus, Ketua Ronggolawe Nusantara NTT, saat ini animo masyarakat pencinta burung berkicau meningkat cukup pesat baik di Kupang maupun di wilayah NTT.

Baca: Alor Juara Cabor Sepakbola! Begini Suasana di Lapangan TNI AU Penfui Kupang

“Animo terhadap burung berkicau sekarang cukup tinggi, kalau dulu dalam sekali kompetisi diikuti oleh 300 orang, sekarang sudah bisa sampai 600 samapi dengan 800 orang,” ungkapnya kepada Pos Kupang di Gantangan Harvest.

Oleh karena itu untuk mewadahi animo yang makin tinggi ini, pihaknya menyelenggarakan latberan yang diproyeksikan akan dilakasanakan setiap minggu dan tengah minggu.

“Jadi kita buat latihan bersama ini setiap minggu dan tengah minggu yang melibatkan klub burung (BC) serta single fighter (SF) baik di wilayah Kupang maupun diwilayah lain di NTT,”ujar David, pegiat olahraga di NTT ini.

David juga menyatakan, untuk latberan kali ini diikuti oleh 15 bird club termasuk yang berasal dari luar Kota Kupang, seperti Soe, Kefamenanu dan Atambua.

Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau – Launching Gantangan Harvest, Anang menyatakan Ronggolawe Nusantara membuat latihan bersama karena animo peserta terhadap burung berkicau makin banyak.

“Untuk animo peserta sudah mulai banyak, kita Ronggolawe Nusantara membuat latihan bersama rutin dan hari ini kita launching di Gantangan Harvest TDM, ujarnya.

Anang juga enjelaskan, untuk perlombaan kali ini dilombakan 20 kelas, dengan perincian kelas APBN yang terdiri dari Lovebird Dewasa, Kenari, Cucak Ijo, Lovebird Paud serta Murai Batu; kelas Bio Kroto terdiri dari Cendet, Decu, Cucak Ijo, Pleci, serta Anis Kembang; untuk kelas Ebod Strong terdiri dari Kacer, Lovebird Dewasa, Kenari, Anis Cendana, serta Anis Merah; dan kelas Harvest terdiri dari Cucak Ijo, Love Bird Paud, Kenari, Love Bird Dewasa dan Murai Baru.

Muhamad Arif (32) peserta dari Fajar Timur SF Atambua mengungkapkan optimisme timnya dapat memengangkan tropy meskipun perisiapan tidak maksimal karena aperjalanan jauh yang mereka tempuh.

“Perjalanan kami tujuh jam, jadi mungkin saja agak drop dan tidak fit tetapi kami tetap optimis menang,” ungkapnya.

Arif menjelaskan timnya membawa delapan personel dan 12 burung untuk mengikuti empat kelas yang dilombakan. “Unggulan kami di Murai Batu karena sudah sangat sering ikut turnamen dan lomba, jadi optimis,” ujarnya. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help