Berita Internasional

Kisah Miye Ota yang Berusia 100 Tahun dan Menjalankan Organisasinya dari Kursi Roda

Meskipun berusia 100 tahun dan menggunakan kursi roda, Miye Ota tetap seorang konduktor orkestra yang selalu memukau.

Kisah Miye Ota yang Berusia 100 Tahun dan Menjalankan Organisasinya dari Kursi Roda
Independent.com
Miye Ota bersama para tamunya. 

POS-KUPANG.COM - Meskipun berusia 100 tahun dan menggunakan kursi roda, Miye Ota tetap - seperti biasa - seorang konduktor orkestra yang orkestranya selalu memukau.

Seorang wanita yang memerintah, Ota menggelar perayaan ulang tahun yang diadakan untuk menghormatinya pada hari Sabtu, 25 Agustus, di dojo yang dia dan suaminya yang sudah meninggal, Ken Ota, bangun pada tahun 1964.

Sekitar 40 tamu datang ke studio pengajaran seni bela diri - lengkap dengan dua lampu gantung kaca - terletak di Magnolia Avenue di Kota Tua Goleta. Sebagian besar mantan siswa yang telah sudah pensiun. Di sana mereka semua belajar tentang seni jatuh di kelas aikido Otas atau seni menari di kursus dansa ballroom pasangan suami istri.

Tapi seperti yang dikatakan Miye Ota pada hari Sabtu, Otas selalu lebih dari sekedar seni bela diri. Seperti yang dikatakan banyak tamu, mereka juga belajar sesuatu tentang rasa hormat dan disiplin, banyak pelajaran yang menjelaskan bahwa mereka tidak siap untuk menerima dari orang tua mereka sendiri.

Jika Otas berfungsi sebagai orang tua in absentia, ikatan yang terbentuk beberapa dekade yang lalu jelas tetap kuat.

Seorang mantan siswa mengendarai mobil dari Berkeley; dia sekarang berkolaborasi dengan Miye di memoar guru. Mereka juga sedang dalam proses menciptakan lembaga nonprofit baru untuk menjaga impian keluarga dan dojo hidup dengan putra Otas, Steve, sekarang 70 tahun, sebagai pucuk pimpinannya.

Miye Ota bersama para tamunya
Miye Ota bersama para tamunya (Independent)

Miye dibesarkan di Nisei di luar Guadalupe (Meksiko); Ken a Nisei dari Lompoc. Keduanya bertemu saat ditahan di sebuah kamp interniran selama Perang Dunia II.

Kemudian seperti sekarang, Miye Ota sangat glamor, bersahaja, cerdas,  berpengalaman, menyenangkan, seksi, dan benar-benar menentukan.

Ken tidak pernah tahu apa yang memukulnya. Segera setelah perang, Miye membuka salon kecantikan di Philadelphia.

"Aku punya keberanian," katanya sambil tertawa. Dia banyak tertawa.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved