Berita Regional

Geledah Rusunawa, Polisi Amankan 39 Motor Hasil Curian

Tim Gabungan Polri dan TNI di Papua melakukan penggeledahan terhadap enam rumah susun sederhana (Rusunawa) milik Universitas Dendrawasih (Uncen)

Geledah Rusunawa, Polisi Amankan 39 Motor Hasil Curian
KOMPAS.com/JHON ROY PURBA
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas memantau sepeda motor yang disita dari Rusunawa Uncen, Senin (3/9/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAYAPURA - Tim Gabungan Polri dan TNI di Papua melakukan penggeledahan terhadap enam rumah susun sederhana (Rusunawa) milik Universitas Dendrawasih (Uncen) di Perumnas III Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Senin (3/9/2018).

Dari enam Rusunawa itu, aparat kepolisian menemukan 39 unit sepeda motor yang diduga hasil curian.

Hal itu terlihat, ketika aparat kepolisian membawa semua sepeda motor yang diamankan, pemiliknya tidak terima atau komplain.

Baca: Presiden Jokowi Pimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali

Tak tanggung-tanggung, aparat kepolisian dibantu Kodim 1701/Jayapura, kali ini menerjunkan 350 personil pada saat berlangsungnya penggeledahan.

Selama ini memang rusunawa kerap dijadikan tempat penyimpanan sepeda motor hasil curian, apalagi penggeledahan ini bukan kali pertama dilakukan polisi.

"Penggeledahan ini merupakan hasil pengembangan dari tersangka AA sendikat pencurian motor dan juga pelaku pembunuhan yang terjadi beberapa waktu lalu," ungkap Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas, usai melakukan penggeledahan. Gustav menjelaskan, sebanyak 39 sepeda motor yang diamankan, sudah ada 8 unit yang diduga kuat hasil curian, hal itu terungkap dari data laporan polisi tentang pencurian sepeda motor.

"Ada seorang pria berinisial AM kami amankan, diduga sebagai penadah hasil curian motor. Dari pengakuannya, sepeda motor Honda Beat yang dimilikinya, dibeli dari seseorang yang tinggal di Rusunawa dengan harga Rp 2 juta," tuturnya.

Gustav mengakui, saat dilakukan penggeledahan sempat terjadi perdebatan, namun penggeledahan tetap berjalan setelah pihaknya melakukan pendekatan secara humanis dan kooperatif.

Untuk diketahui, pada bulan Maret 2018 lalu, tim gabungan Polri dan TNI juga penggeledahan terhadap Rusunawa Uncen.

Hal itu dilakukan berkat laporan warga yang mencurigai sepeda motornya yang hilang dibawa ke Rusunaawa.

Dari penggeledahan pada Maret itu terdapat 36 unit sepeda motor berhasil diamankan polisi. Polres Ciamis telah mengerahkan polisi bersenjata lengkap untuk menangkap para tahanan. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved