Berita Pendidikan

Delapan Peneliti Stikes CHMK Paparkan Hasil Penelitian di Kantor Pos Kupang

Diskusi hasil riset dosen Stikes CHMK tahun akademik 2017/2018, di Kantor Harian Pagi Pos Kupang, Kamis (23/8/2018.

Delapan Peneliti Stikes CHMK Paparkan Hasil Penelitian di Kantor Pos Kupang
Wilibrodus Kau Suni
Para dosen peneliti Stikes CHMK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Delapan peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Citra Husada Mandiri Kupang (CHMK) memaparkan hasil penelitian atau diseminasi (public expose) hasil penelitian mencakup ibu dan anak, kependudukan, dan lansia.

Diskusi hasil riset dosen Stikes CHMK tahun akademik 2017/2018, di Kantor Harian Pagi Pos Kupang, Kamis (23/8/2018) itu dipimpin Ketua Stikes CHMK, drg. Jefrey Jap, M.Kes.

Hadir pada kesempatan itu mantan Direktur Poltekes Negeri Kupang, Dr. Sabina Gero sebagai pembahas dan Pemimpin Redaksi Harian Pagi Pos Kupang, Dion DB Putra.

Baca: Warga Gurusina Gelar Ritual Adat See Zee

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 24 Agustus 2018, Leo Jangan Kerja Terus, Aquarius Dapat Kejutan.

Hadir pula peserta dari instansi terkait antara lain, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, BKKBN Provinsi NTT, BPJS Kesehatan Perwakilan NTT, dan dari Puskesmas.
Topik yang menjadi bahan penelitian delapan peneliti tersebut, yakni "Kemampuan dan Kemauan Membayar Peserta BPJS Terhadap Biaya Tambahan Perawatan Medis di Puskesmas Rawat Inap di Kabupaten Kupang" oleh Dr. Frans Salesman, SE, MKes.

"Ekspolrasi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Ibu dalam Pemanfaatan Antenatal Care di Puskesmas Oepoi" oleh Maria Lupita Nena Meo, S.Kep, Ns, M.Kep, "Perilaku Ibu Menjadi Akseptor KB di Klinik Pratama Citra Husada Mandiri Kupang" oleh Arman Rifat Lette, "Pengaruh Faktor Ibu dan Budaya Tetap Kerja Berat Saat Hamil Terhadap Kejadian BBLR di Kota Kupang" oleh Aysanti Yuliana Paulus, S.KM, M.Kes (Epid).

"Studi Fenomenologi Pengalaman Psikososial Ibu yang Berkunjung ke Klinik Pratama Citra Husada Mandiri Kupang Selama Menggunakan KB" oleh B Antonelda Marled Wawo, S.Kep, Ners, M.Kep, SP.Kep J, "Efektivitas Penyuluhan Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan Lansia Tentang Gejala Awal Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Alak, Kota Kupang" oleh NS Sakti Oktaria Batubara, S.Kep,

Baca: Raffi Ahmad Kuatir Punya Anak Perempuan, Alasannya Dapat Tanggapan Heboh Dari Netizen

Baca: Ketakutan Tiap Zodiak, Capricorn Takut Gagal, Aries Takut Diperintah, Zodiak Lainnya?

"Efektivitas Posisi dan Senam Ergonomik Tingkat Kenyamanan Nyeri Punggung Bawah Pekerja Mebel CV. UD Bildatan" oleh Sebastianus Kurniadi Tahu, S.Kep, "Gambaran Kolaborasi Tenaga Kesehatan dalam ANC Terpadu di Puskesmas Oepoi Kupang" oleh Vincen Balawa Making, S.KM, M.Kes.

Jefry dalam sambutanya, mengatakan dari riset yang dilakukan para tenaga pengajarnya bermanfaat untuk percepatan pembangunan. Dengan kajian dan diseminasi hasil penelitian makin menghilirisasi riset menjadi lebih bermanfaat.

Jefry menyimpulkan, pertama, biaya tambahan untuk peserta BPJS yang tidak ditanggung BPJS ternyata jauh lebih besar dengan biaya tetap ke BPJS.

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help