Berita HUT Kemerdekaan RI

Nenek 73 Tahun yang Bergincu Tebal, Refleksi HUT Kemerdekaan RI oleh Mesakh Dethan

Apakah kita semua telah sungguh-sungguh telah mengisi kemerdekaan. Pertanyaan ini harus juga dijawab oleh mereka yang

Nenek 73 Tahun yang Bergincu Tebal, Refleksi HUT Kemerdekaan RI oleh Mesakh Dethan
Bendera Merah Putih 

POS-KUPANG.COM - Dirgahayu Negeriku Indonesia. Bangunlah bangsaku, perjuangankanlah keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Apakah kita semua telah sungguh-sungguh telah mengisi kemerdekaan. Pertanyaan ini harus juga dijawab oleh mereka yang dipercayakan rakyat untuk memimpin dan mengawal negeri.

Terutama juga untuk mereka para politisi. Ataukah seperti Oscar Wilde mengatakan ketika pakai topeng saja baru orang berani. Atau menurut saya ketika orang pakai akun palsu saja baru dia bebas berekspresi tanpa bayar, tanpa rada malu dan moralitas.

Wilde benar ketika ia mengatakan, "Orang tidak sepenuhnya menjadi dirinya ketika ia bicara atas nama dirinya. Berilah ia topeng maka ia akan mengatakan kebenaran."

Baca: Ramalan Zodiak Hari ini Edisi Hari Merdeka 17 Agustus, Leo Berpikir Kreatif, Perasaan Scopio Terluka

Hendaknya pembangunan tidak hanya di kota atau hanya sekadar cari nama apalagi sebatas retorika.
Jangan hanya kota-kota besar yang dipercantik, tetapi di kampung-kampung seperti Amfoang, Amanatun, pedalaman Pulau Rote terabaikan terutama transportasi mereka sukit pada musim hujan.

Jika begitu, kalau pembangunan tidak merata, maka seandainya Indonesia bagaikan seorang nenek cantik berusia 73 tahun, maka bagian kepalanyanya saja yang dipercantik, bibir seksinya yang terus dilapisi gincu tebal, bahkan meluber kemana-mana atau rambut kepalanya yang beruban dicat terus dengan penghitam rambut padahal sudah hitam, sehingga menodai baju dan tubuh lainnya.

Baca: 10 Drakor alias Drama Korea Tentang Percintaan di SMA dan Kampus Terbaik, Asli Bikin Baper

Cobalah lihat jalan-jalan di kota masih bagus tapi dibongkar dan dilapisi terus, sementara di bagian kota yang lain tetap berlubang dan berlumpur, apalagi di kampung-kampung rakyat terus mengeluh transportasi .

Kita semua harus mengisi kemerdekaan ini dengan potensi dan kapasitas kita masing-masing yang dianugerahkan Tukan.

Baca: Makna Tersembunyi Foto BTS Dalam Konsep Album Love Yourself : Answer

Oleh karena itu sepakat dengan perkataan mendiang salah satu pendiri bangsa Indonesia Mohammad Hatta yang mengatakan bahwa "Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar seuntaian pulau di peta."

Pertanyaannya sebuah protek pembangunan untuk apa dan siapa? Tuhanlah yang tahu. Kalau anda tahu berteriaklah biar dunia tahu! Merdeka dan Jayalah bangsa kita. (*)

Mesakh Dethan adalah staf pengajar pada Universitas Kristen Artha Wacana Kupang

Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help