Berita Sumba Timur

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Membuka Pendaftaran Pasien Secara Online

RSUD Umba Rara Meha Waingapu membuka pendafaran rawat jalan bagi pasien-pasien yang hendak berobat di RSUD tersebut secara online.

RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Membuka Pendaftaran Pasien Secara Online
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
dr.Lely Harakai,M.Kes (Kanan) saat menjadi narasumber dalam Talkshow di Studio Radio Max Waingapu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umba Rara Meha Waingapu milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur kini sudah membuka pendafaran rawat jalan bagi pasien-pasien yang hendak berobat di RSUD tersebut secara online.

Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dr.Lely Harakai, M.Kes menyampaikan hal itu saat talkshow di studio Radio Max Fm Waingapu, Sabtu (11/8/2018) malam.

Lely menjelaskan, bahwa aplikasi yang digunakan dalam pendaftaran secara online tersebut adalah berbasis aplikasi WatsApp. Dan sistem pendaftaran online tersebut dibuka sejak tanggal 23 Juli 2018 lalu.

Baca: Ini yang Dilakukan PKK Wolomeze Menyongsong HUT ke-73 RI

"Jadi pasien yang mau berobat besok daftarnya hari ini, tinggal mendaftar dan kirim melalui nomor Watsapp yang sudah kami berikan itu, nanti petugas kami akan mengirimkan nomor antrian sama jam berobat, jadi pasien itu datang lansung masuk dan berobat,"jelas Lely.

Kata dia, sejak dari tanggal pembukaan pertama pendaftaran secara online tersebut belum begitu banyak pasien yang mendaftarnya melalui aplikasi WatsApp tersebut.

"Jadi belum terlalu banyak pasien yang mendaftar dengan menggunakan online itu, di hari pertama 5 orang, kemudian meningkat sampai dengan hari kemarin 11 orang pasien, tapi kita tetap coba karena ini baru awal, apalagi belum sebulan juga,"kata Lely.

Lely mengatakan, proses pendaftaran secara online ini lebih mudah dan tidak membutuhkan antri yang berjam-jam disaat menunggu untuk berobat.

"Paling lama ya 5 menit sudah bisa dilayani, ini lebih baik dengan sistem pendaftaran online ini. Tinggal pasien itu datang sesuai dengan jam yang ditentukan masukan berkas lansung dipanggil untuk dilayani berobat,"ungkap Lely.

Lely mengatakan, sistem pendaftaran pasien secara online tersebut menurut pengetahuanya baru pertama kali ada di RSUD Umbu Rara Meha belum ada rumah sakit lain di Sumba Timur yang menggunakan itu.

Lely juga mengatakan, pihak RSUD Umb Rara Meha juga kini mulai membuka program baru dimana saat ini pihaknya sementara memroses peraturan bupati (Perbup) tentang Sumba Home Car. Selain itu juga sementara ini memproses program Telemedicine kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang.

Lely menjelaskan melalui program Sumba Home Car atau perawatan di rumah itu pihaknya tidak menunggu pasien yang datang ke RSUD, namun pihaknya mendatangi pasien.

"Jadi kami datang ke rumah pasien untuk memeriksa kesehatan pasien misalnya pemeriksaan darah, mungkin karena pasien tidak punya waktu untuk datang berobat di RSUD. Maka pasien itu kontak kami, kami akan datang ada petugas yang kami sudah tugaskan dan sudah memiliki sertifikat"jelas Lely. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help