Berita Regional

Buaya Sepanjang 3,5 Meter Ini Ditangkap Warga karena Naik ke Darat

Seekor buaya dengan panjang 3,5 meter diamankan warga Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin (6/8/2018).

Buaya Sepanjang 3,5 Meter Ini Ditangkap Warga karena Naik ke Darat
KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN
Buaya sepanjang 3,5 meter yang ditangkap warga di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tangah, Maluku Utara, Senin (6/8/2018). 

POS-KUPANG.COM | TERNATE - Seekor buaya dengan panjang 3,5 meter diamankan warga Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin (6/8/2018).

Buaya ditangkap di kali dekat pasar Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda sekitar pukul 04.15 WIT. Untuk sementara, buaya diamankan di rumah warga dalam kondisi terikat.

"Di sekitar pasar itu kan ada kali/muara, nah dari situ kemudian naik ke darat," kata Ekawati dari Flight Proctectin Indonesia's Birds, Senin (6/8/2018).

Baca: Dari Penjara, Herman Perintahkan 2 Anaknya Jadi Pengedar Narkoba

"Entah penyebab pastinya apa tapi kemungkinan karena di sekitar kali itu sudah kotor akibat masyarakat sering membuang sampah di situ, sehingga buaya itu naik ke darat," tambahnya.

Rencananya, buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Maluku Wilayah I Ternate.

Seksi Konservasi Wilayah I Ternate BKSDA Maluku, Abbas Khurasan membenarkan penangkapan satu ekor buaya di Kabupaten Halmahera Tengah.

Hanya saja, buaya itu kemungkinan besar akan dilepas kembali ke habitatnya, mengingat belum adanya penangkaran buaya di Maluku Utara.

"Tentunya kita tidak akan kita lepas di sembarang tempat, kita akan cari habitatnya dimana kemudian di situ kita akan lepas," pungkasnya. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved