Berita TTS

Hingga Agustus 2018 Belum Ada Kasus Penyakit Campak dan Rubella

Dinkes TTS hanya menemukan pasien dengan gejala kemerahan atau batuk pilek, tetapi belum sampai pada tahap komplikasi.

Hingga Agustus 2018 Belum Ada Kasus Penyakit Campak dan Rubella
pos kupang.com, dion kota
Petugas medis, Dinkes TTS sedang memberikan imunisasi campak dan Rubella (dengan cara disuntik) kepada salah satu siswa SD Negeri Oekamusa 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten TTS, dr. Eirene Ina Dwika Ate mengatakan, hingga memasuki awal bulan Agustus 2018, untuk Kabupaten TTS belum ditemukan adanya kasus penyakit campak dan Rubella.

Namun dirinya menyebutkan, Dinkes TTS hanya menemukan pasien dengan gejala kemerahan atau batuk pilek, tetapi belum sampai pada tahap komplikasi.

Hal ini diungkapkan dr. Eirene kepada pos kupang, Jumat (3/8/2018) di sela-sela kegiatan pemberian imunisasi campak dan Rubella kepada para siswa-siswi di SD Negeri Oekamusa.

Tahun ini, Dinkes TTS menargetkan pemberian imunasi campak dan Rubella kepada 153. 730 anak dengan rentang usia 9 bulan hingga 15 bulan di seluruh kabupaten TTS.

Untuk itu, Dikes membagi dua tahapan dalam pemberian imunisasi campak dan Rubella ini. Untuk tahap pertama, pemberian imunisasi dipusatkan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK hingga SD selama bulan Agustus. Pada tahap kedua, di bulan september, pemberian imuniasi dipusatkan di pos-pos pelayanan imunisasi seperti Posyandu, Polindes dan Puskesmas.

" Sampai hari ke 3 bulan Agustus sudah 2000 anak TTS usia 9 bulan hingga 15 tahun yang mendapatkan imunisasi campak dan Rubella. Kita optimis target 153.730 anak yang mendapatkan imunisasi campak dan Rubella bisa kita capai di akhir bulan September mendatang," ungkap dr. Eirene.

Sebelum melakukan pemberian imunisasi campak dan Rubella di bulan Agustus, lanjut dr. Eirene, Dinkes TTS sudah memberikan sosialisasi terkait kampanye bebas penyakit campak dan Rubella melalui pemberian imunisasi campak dan Rubella mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Selain itu, untuk mengoptimalkan proses sosialisasi, pihak Dinkes TTS juga melibatkan peran serta sekolah dan Dinas Pendidikan.

" Kita sudah sosialisasikan kampanye bebas penyakit campak dan Rubella ini sehingga sudah banyak masyarakat TTS yang mengetahui jika bulan Agustus dan September ada imunisasi campak dan Rubella," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved