Berita Kabupaten Ende

WOW Ternyata Danau Kelimutu Sudah 100 Kali Berubah Warna

Danau Kelimutu di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna dan yang terbaru saat ini didominasi warna hijau

WOW Ternyata Danau Kelimutu Sudah 100 Kali Berubah Warna
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Yosep Wiyoto Berfoto Bersama Para Pengunjung Danau Kelimutu, Senin (1/7/2018).

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Romualdus Piuas

POS KUPANG.COM, ENDE---Sejak tahun 1915 hingga tahun 2018, Danau Kelimutu di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna dan yang terbaru saat ini adalah didomonasi warna hijau. Perubahan warna tersebut lebh dikerenakan oleh factor alam berupa pengaruh vulkanik didalam danau tersebut dan juga terpaan sinar matahari .

Kepala Taman Nasional Kelimutu (TNK), Agus Sitepu mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Senin (2/7/2018) ketika dikonfirmasi mengenai perubahan warna yang kerap terjadi di Danau Kelimutu, Kabupaten Ende.

Hal yang unik dari Danau Kelimutu adalah kerap berubah warna dan dalam catatan sejarah maupun dokomentasi yang ada di Balai Taman Nasional Kelimutu menyebutkan bahwa sejak tahun 1915 hingga tahun 2018 setidaknya telah terjadi 100 kali perubahan warna.

"Yang dicatat adalah perubahan warna secara siginifikan misalnya dari merah menjadi hijau namun kalau yang berubah dari warna hijau muda ke hijau tua atau sebaliknya kerap kali terjadi bahkan lebih dari 100 kali,"kata Agus.

Agus mengatakan bahwa perubahan warna di Danau Kelimutu memang menjadi keunikan tersendiri yang ada di danau tersebut sehingga dengan demikian menjadi salah satu daya pikat bagi wisatawan.

Untuk memantau perkembangan perubahan warna di Danau Kelimutu ujar Agus mulai Juli 2018 ini Taman Nasional Kelimutu akan memasang CCTV (kamera pengawas-red) di sekitar kawasan Kelimutu.

Dengan adanya CCTV tersebut maka pihak Taman Nasional Kelimutu tidak saja bisa memantau dan mendokumentasikan perubahan warna Danau Kelimutu setiap hari dalam setahun juga akan memantau kunjungan para wisatawan ke Danau Kelimutu juga memantau kondisi lain di sekitar Danau Kelimutu.

"Dengan adanya CCTV kita bisa memantau mungkin ada pengunjung yang berdiri di dekat kawah sehingga mengancam keselamatan yang bersangkutan maka kita akan segera memberitau petugas yang ada untuk mengingatkan pengunjung tersebut,"kata Agus.
Dengan menggunakan CCTV ujar Agus, pihak TNK akan mendokumentasikan perubahan warna setiap hari sehingga dalam satu tahun tercatat ada 365 foto dokumentasi yang diabdikan lewat CCTV milik TNK.

Dari rekaman CCTV yang ada ujar Agus pihak TNK akan menganalisa bahwa dalam setahun telah terjadi berapa kali perubahan warna sehingga dengan demikian data yang ada bisa dipertangungjawabkan keakuratannya jika dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya.

"Perubahan warna di Danau Kelimutu bisa saja lebih dari 100 kali namun karena pada waktu-waktu awal belum ada dokumentasi yang akurat sehingga sejauh ini yang kami ketahui bahwa perubahan warna pada Danau Kelimutu sebanyak 100 kali,"kata Agus.

Pantuan Pos Kupang.Com, Senin (2/7/2018) tampak puluhan wisatawan mengujungi Danau Kelimutu. Saat tiba di kawasan Kelimutu selain menyaksikan keunikan danau yang ada para pengunjung juga tidak lupa mengabdikan keberadaan Danau Kelimutu. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved