Berita Kupang

Dekan FH Undana John Nome Kembalikan 82 Mahasiswa ke Orangtuanya

Dekan FH Undana, Yorhan Y Nome, SH, MH mengembalikan sebanyak 82 mahasiswa kepada orangtuanya dan IKA FH Undana Kupang, Rabu (4/7/2018).

Dekan FH Undana John Nome Kembalikan 82 Mahasiswa ke Orangtuanya
POS KUPANG/NOVEMY LEO
Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH didampingi 82 mahasiswa/i melepaskan balon ke udara, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUAPNG.COM, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dekan FH Undana, Yorhan Y Nome, SH, MH mengembalikan sebanyak 82 mahasiswa kepada orangtuanya dan IKA FH Undana Kupang, Rabu (4/7/2018).

Acara dikemas dalam bentuk syukuran dan pelepasan wisudawan/ti FH Undana Kupang periode Juli 2018 dilakukan di halaman kampus merah, Rabu (4/6/2018), sehari sebelum mereka diwisuda.

Hadir ratusan orangtua mahasiswa, pengurus Ikatan Alumni FH Undana Kupang serta pada dosen dan civitas akademika FH Undana Kupang. Sebelumnya, Pdt. Niko L Kana, S.TH membawakan badah singkat.

Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH didampingi 82 mahasiswa/i foto bersama usai acara pelepasan mahasiswa kepada orantua dan ika fh Undana Kupang, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang.
Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH didampingi 82 mahasiswa/i foto bersama usai acara pelepasan mahasiswa kepada orantua dan ika fh Undana Kupang, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Saat itu Dekan John menyampaikan terimakasih kepada orangtua yang telah mempercayakan anaknya untuk menimba ilmu di kampus merah, FH UNdana Kupang.

Kampus tidak saja memberikan pendidikan sains namun juga pendidikan karakter kepada para mahasiswa/i.

"Hari ini adalah hari yang sangat spesial bukan hanya untuk 82 mahasiswa/i saja. Tapi spesial juga bagi kami para dosen dan segenap civitas akademika di FH UNdana Kupang. Tanpa campur tangan Tuhan, sehebat apapun mahasiswa/i, dosen atau mahasiswa, mereka tidak akan menyelesaikan kuliahnya," kata John.

Perwakilan 82 mahasiswa yang akan diwisuda memberikan kenangan berupa bunga kepada Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua dan IKA FH Undana Kupang, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang.
Perwakilan 82 mahasiswa yang akan diwisuda memberikan kenangan berupa bunga kepada Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua dan IKA FH Undana Kupang, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Menurut John, acara pelepasan atau pengembalian mahasiswa yang akan diwisuda kepada orangtua dan kepala IKA FH Undana Kupang merupakan acara rutin yang sudah dilakukan sejak tahun 2016, ketika dia menjabat sebagai dekan.

Sebab, awalnya saya telah menerima mahasiswa dari orangtua untuk menuntut ilmu disini maka sekarang sudah saatnya saya harus serahkan kembali mereka ke tangan orangtua yang telah mempercayakan anaknya untuk kami didik dan kami perlakukan mereka seperti anak kandung sendiri. Tak ada diskriminasi disini," tegas John.

Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH secara simbolis menyerahkan 82 mahasiswa kepada Ikatan Alumni (IKA) FH Undana Kupang, Ansi D Rihi Dara, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang.
Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH secara simbolis menyerahkan 82 mahasiswa kepada Ikatan Alumni (IKA) FH Undana Kupang, Ansi D Rihi Dara, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

John juga memastikan bahwa relasi yang dibangun di kampus bukan hanya relas antar dosen dan mahasiswa namun juga relasi kekeluargaan.

"Tidak ada relasi kekuasaan dan bawahan, tapi relasi kekeluargaan sehingga secara psikologis kami tak alami kendala untuk menjalankan proses perkualiahan. Soal pribadi bisa disampaikan sehingga kami tahu danbersama-sama mencari jalan keluar," kata John.

Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH secara simbolis membuka jaket almamater dari dua mahasiswa/i dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang.
Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH menyerahkan piagam kepada tiga lulusan terbaik  dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

John juga menekankan pentingnya pembangunan karakter dan relasi komunikasi sehingga mampu membuat mahasiswabisa berkomunikasi dengan baiks ehabis tamat dari FH Undana Kupang.

"Karena banyak orang pintar tapi tidak bisa berkomunikasi. Banyak orang pintar tapi kalau tidak punya etika maka kehebatan anda akan sisa-sia. Mahasiswa yang tidak berterika saya tidak kasih lulus," tegas John.

Saat itu, John juga menyerahkan para mahasiswa ke ikatan keluarga alumni FH Undana Kupang yang diterima oleh Sekretaris IKA FH Undana Kupang, Ansi D Rihi Dara, SH, hadir pula segenap alumni seperti Jhonson MIra Mangi, SH, MH, Darius Beda Daton,SH, Ana Djukana, SH, MH dan Novemy Leo, SH.

Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH secara simbolis melapaskan jaket amamater terhadap 2 mahasiswa dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua dan IKA FH Undana Kupang, Dara, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang.
Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang, Yorhan John Nome, SH, MH secara simbolis melapaskan jaket amamater terhadap 2 mahasiswa dalam acara pelepasan mahasiswa kepada orangtua dan IKA FH Undana Kupang, Dara, Rabu (4/7/2018), di halaman kampus merah Undana Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Acara pelepasan mahasiswa FH Undana Kupang ditandai dengan pelepasan 82 balon gas berwarna merah putih oleh dekan dan mahasiswa disaksikan orangtua dan para alumni di halaman kampus Undana Kupang. (*)

Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved