Kapolres TTS Pimpin Langsung Operasi Cipta Kondisi H-1Menjelang Idul Fitri

TTS ini merupakan Kabupaten perlintasan, sehingga untuk cipta kondisi menjelang hari raya Idul Fitri kita lakukan pemeriksaan kendaraan.

Kapolres TTS Pimpin Langsung Operasi Cipta Kondisi H-1Menjelang Idul Fitri
POS KUPANG.COM dion kota
Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto, DS, SIK memimpin langsung operasi cipta kondisi H -1 menjelang perayaan Idul Fitri.

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto, DS, SIK memimpin langsung operasi cipta kondisi H-1 menjelang hari raya Idul Fitri, Kamis ( 14/6/2018) di depan MaPolres TTS. Operasi ini digelar untuk menjaga stabilitas keamanan dengan ?melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintasi Jalan Gajah Mada.

Didampingi Waka Polres TTS, Kompol Herman Bessie, Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari, SH. MH dan Kasat Lantas Polres TTS, Iptu Wastoro, Kapolres Totok langsung turun melakukan pemeriksaan kendaraan roda empat maupun roda dua yang melintasi Jalan Gajah Mada Sebelum melakukan pemeriksaan, Kapolres Totok menjelaskan maksud dan tujuan pemeriksaan kepada para pengendara.

" Kabupaten TTS ini merupakan Kabupaten perlintasan, sehingga untuk cipta kondisi menjelang hari raya Idul Fitri kita lakukan pemeriksaan kendaraan. Kita periksa kelengkapan surat kendaraan, SIM dan muatan yang dibawah. Intinya kita ingin agar masyarakat TTS bisa merayakan Idul Fitri dalam keadaan yang kondusif," Ungkap Kapolres Totok.

Dalam pemeriksaan tersebut, Kapolres Totok mengingatkan para supir agar tidak memuat penumpang lebih dari kapasitas. Pasalnya, ditemukan banyak penumpang yang terpaksa harus berdiri di pintu bus karena tidak kebagian kursi. Selain itu, dalam operasi cipta kondisi juga ditemukan adanya penumpang yang membawa bensin di dalam jirgen kemasan 35 liter. Karena membahayakan penumpang lain, jirgen yang berisi bensi serta pemiliknya diturunkan dari bus untuk didata.

" Kita temukan banyak bus yang memuat penumpang lebih dari kapasitasnya. Oleh sebab itu, kita minta kelebihan penumpangnya diturunkan dan diover ke bus lainnya. Kita juga menemukan adanya penumpang bus yang membawa bensin dalam jirgen. Hal ini sangat membahayakan karena jika ada penumpang lain yang merokok dan terjadi kebakaran maka akan menimbulkan banyak korban. Oleh sebab itu kita turunkan dan kita data," jelasnya.

Ketika disinggung terkait pengaman malam takbiran, sholat Id dan perayaan Idul Fitri, Kapolres Totok menjelaskan, pihaknya menerjunkan 500 personil untuk melakukan pengamanan. Selain itu, Polres TTS juga membangun empat pos keamanan guna memberikan kenyamanan kepada para pemudik.

Untuk Kabupaten TTS, perayaan Sholat Id akan berpusat di lapangan Puspenmas Jumat (15/6/2018) pagi. Untuk memperlancar arus kendaraan keluar masuk, akses jalan di depan lapangan Puspenmas akan diubah dari dua jalur menjadi satu jalur. Bagi umat muslim yang akan melakukan sholat Id di lapangan Puspenmas juga akan diperiksa oleh pihak keamanan dengan menggunakan alat metal detector.

" Kita mohon maaf kepada umat muslim yang akan melakukan sholat Id di lapangan Puspenmas jika sebelum mengikuti Sholat Id akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan perayaan Sholat Id bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu kami mohon kerja samanya," pinta Kapolres Totok. (*)

Baca: Ini 5 Negara yang Identik dengan Satu Pemain Bintang. Dari Asia Juga Ada

Tags
Polres TTS
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help