Ini Harapan Menteri PAN & RB Pada ANRI yang Buat Peserta Rakornas Tepuk Tangan

Menteri PAN & RB melalui Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Rini Widyantini, dalam sambutanya membuka Rakornas Kearsipan di Hitel Swiss Belinn

Ini Harapan Menteri PAN & RB Pada ANRI yang Buat Peserta Rakornas Tepuk Tangan
POS-KUPANG.COM/MARIA AE TODA
Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Rini Widyantini mewakili menteri PAN & RB memberikan sambutan sekaligus membuka Rakornas Kearsipan di Hotel Swiss Belinn Kupang Selasa (15/5/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Menteri PAN & RB melalui Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana, Rini Widyantini, dalam sambutanya membuka Rakornas Kearsipan di Hitel Swiss Belinn Selasa (15/5/2018), mengatakan peran arsip sangat penting sebagai pusat ingatan organisasi, pertanggunggjawaban dan juga sebagai sumber informasi.

Selain itu Menteri juga mengatakan pihaknya terus mendorong instansi-instansi pemerintah untum terus meningkatkan kualitas serta kuantitas arsiparis baik di daerah maupun di pusat.

"Peran arsiparis sangat penting karena arsip itu adalah sumber informasi yang bisa kita bagikan lagi kepada generasi-generasi setelah kota. Jangan sampai mereka sendiri tidak tahu sejarah negeranya karena arsipnya tidak ada atau sumber informasinya tidak ada," ujarnya.

Ia mengatakan, tanggung jawab mengenai arsip bukan hanya ada di tangan ANRI tetapi juga di tangan semua instansi negara maupun perusahaan-perusahaan.

Menteri juga bahkan mendorong ANRI untuk bisa punya perguruan tinggi sendiri ya g berlajar mengenai kearsipan dan tidak hanya mengaharapkan dari perguruan tinggi lain yang hanya bisa mendidik 300 an mahasiswa sedangkan kebutuhan akan arsiparis mencapai 6000.

Sontak pernyataan Menteri ini membuat para peserta bertepuk tangan menyambut baik apa yang diharapkan Menteri.

Dalam kesempatan tersebut pihal Kementerian PAN & RB, Kementrian Dalam Negeri, Perpustakaan Nasional juga turut menyerahkan arsip statis kepada ANRI sekaligus di-launchingnya aplikasi E-Arsip yang yang langsung diberikan Menteri PAN&RB diwakili oleh Deputi kelembagaan dan Tata Laksana kepada Gubernur NTT, Walikota Kupang, Kepala ANRI dan juga Wakil walikota Manggarai Barat.

Suasana di luar tempat Rakornas juga tampak begitu ramai karena terdapat pameran arsip-arsip dari beberapa daerah di NTT, dan juga kain tenun yang ramai dikeuribti para peserta Rakornas. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help