Bom di Surabaya

Dampak Teror Bom di Surabaya, Enam Negara Keluarkan Travel Advice

Dampak dari aksi teror bom yang terjadi di Surabaya membuat enam negara membuat travel advice untuk warga negaranya yang ada di Indonesia.

Dampak Teror Bom di Surabaya, Enam Negara Keluarkan Travel Advice
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Kepala Dinas Pariwisata NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dampak dari aksi teror bom yang terjadi di Surabaya membuat enam negara membuat travel advice untuk warga negaranya yang ada di Indonesia. Enam negara ini yakni Inggris, Australia Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura dan Irlandia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (14 /5/2018) sore mengatakan ada sejumlah negara yang sudah memberikan travel advice.

"Travel advice adalah kewajiban semua negara untuk memperingati warganya ketika berada di satu wilayah atau daerah atau negara yang sedang terjadi konflik. Ada beberapa negara yang sudah memberikan travel advice antara lain tapi bukan travel warning," katanya.

Indonesia juga pernah mengeluarkan travel advice saat terjadi teror di Perancis. "Indonesia memberikan travel advice memberikan arahan kepada warga negara Indonesia yang ada di sana tahun 2015," katanya.

Menurutnya, Kementerian Pariwisata selalu memantau perkembangan di bidang pariwisata dimana ada tim khusus manajemen krisis kepariwisataan dan tim ini memantau perkembangan kepariwisataan di Indonesia.

"Dan kami memastikan ekosistem pariwisata di seluruh Indonesia tetap jalan sebagai mana biasa dan tetap memastikan aksesbilitas atraksi tetap berlangsung dengan baik meskipun ada teror Bom," katanya.

Walaupun ada teror bom, tidak ada hal yang harus dikhawatir secara berlebihan tapi tetap waspada. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help