KPU NTT Selesai Teliti Administrasi Balon DPD RI

Tadi malam,kami sudah selesaikan dan buat berita acara dan kirim ke KPU kabupaten dan kota. Berita acara itu kita kirim ke KPU kabupaten dan kota

KPU NTT Selesai Teliti Administrasi Balon DPD RI
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Thomas Dohu

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT telah selesai melakukan penelitian dokumen administrasi dari 41 bakal calon (balon) anggota DPD RI.

Hasil penelitian telah dikirim ke KPU kabupaten dan kota agar melakukan klarifikasi menyangkut syarat dukungan yang belum memenuhi syarat (BMS).

Hal ini disampaikan anggota KPU NTT, Thomas Dohu saat ditemui Pos Kupang, Jumat (4/5/2018).

Menurut Thomas, proses penelitian yang berlangsung sejak 27 April 2018 dan telah selesai pada 3 Mei 2018.

"Penelitian memang sudah selesai dan kami telah mengirim berita acara hasil penelitian atau verifikasi ke KPU kabupaten dan kota. Hasil yang dikirim ini bertujuan agar KPU di kabupaten dan kota bisa klarifikasi soal syarat dukungan yang belum memenuhi syarat atau BMS," kata Thomas.

Dijelaskan, hasil penelitian yang disampaikan kepada KPU kabupaten dan kota itu bukan hasil final verifikasi, karena masih kategori BMS bukan tidak memenuhi syarat.

"Tadi malam,kami sudah selesaikan dan buat berita acara dan kirim ke KPU kabupaten dan kota. Berita acara itu kita kirim ke KPU kabupaten dan kota yang ada pendukung dari ke 41 balon," katanya.

Dikatakannya, tugas dari KPU kabupaten dan kota akan melakukan klarifikasi ke para pendukung (syarat KTP) melalui penghubung masing-masing balon."Batas waktu klarifikasi di KPU kabupaten dan kota paling lambat pada 9 Mei 2018.

Jadi teman-teman di KPU kabupaten dan kota akan melihat atau mengklarifikasi administrasi yang BMS," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, KPU kabupaten dan kota tentu akan melakukan klarifikasi ke nama-nama pendukung.

"Beberapa syarat yang BMS itu seperti tanda tangan pendukung berbeda yang ada di KTP, usia pendukung belum 17 tahun, PNS, Honorer , TNI dan Polri," ujarnya.

Dia mengakui, KPU kabupaten dan kota akan mengirim kembali hasil klarifikasi ke KPU NTT paling lambat 9 Mei 2018 , sehingga pada tanggal 10 Mei 2018 KPU NTT akan menyampaikan hasil penelitian. "Jadi saat ini kita belum sampaikan hasil terakhir, tapi hanya sampaikan bahwa syarat dukungan BMS.

Kami juga minta balon yang belum ada penghubung, maka tolong laporkan ke KPU kabupaten dan kota," ujarnya.(*)

Baca: Wow! 500 Ternak Sapi Asal Kabupaten Kupang Dikirim ke Jakarta

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved