Ini Alasan yang Dipakai 10 Calon TKI Agar Lolos ke Tarakan, Tapi Aparat tak Mudah Percaya

Sepuluh orang pria dewasa yang digagalkan ke Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), mengaku hendak mengunjungi sanak keluarga.

Ini Alasan yang Dipakai 10 Calon TKI Agar Lolos ke Tarakan, Tapi Aparat tak Mudah Percaya
pos kupang.com, egnius moa
Calon tenaga kerja asal Kabupaten Sikka di Pulau Flores, gagal diberangkatkan dengan KM Lambelu, dari Pelabuhan Lorens Say, Jumat malam (13/4/2018).

Laporan wartawan Pos-Kupang.Com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Sepuluh orang pria dewasa yang digagalkan keberangkatan dengan KM Lambelu dari Pelabuhan Lorens Say, Jumat malam atau Sabtu (14/4/2/2018) pukul 02.00 Wita menuju Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), mengaku hendak mengunjungi sanak keluarga.

"Janggal sekali ada 10 pria dewasa, lima orang dari Kecamatan Kewapante dan lima orang dari Kecamatan Magepanda berangkat ke Tarakan kunjungan keluarga," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sikka, Germanus Goleng, S.Sos, kepada Pos-Kupang.Com, Senin (16/4/2018).

Baca: Kapolres Sumba Timur Sebut Operasi Miras Persempit Ruang Gerak Kriminal

Germanus bersama Kapolsek Kewapante, Iptu Petrus Kanisius Nadthi, dan anggotanya menggagalkan keberangkatan 10 calon tenaga kerja yang hendak berangkat ke Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Germanus, salah satu motif yang sering digunakan calon tenaga kerja berangkat ke luar daerah mengunjungi keluarga. Meski kunjungan keluarga hanya jadi alasan supaya bisa berangkat.

Baca: Tim Gabungan Polres Sumba Timur Sita Ratusan Liter Miras Lokal

Ia mengatakan, 10 calon tenaga kerja yang digagalkan berangkatannya direkrut oleh warga Patisomba, Kelurahan Wuring, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Korsiku. Dalam pemeriksaan polisi, Korsiku mengaku datang ke Maumere mengunjungi keluarganya dan ketika kembali membawa serta 10 orang.

"Alasan yang dia sampaikan ke-10 orang ini mau kunjungi keluarga di sana dan mencari pekerjaan. Tiket kapal ada dibeli oleh Korsiku, ada juga dibeli oleh calon tenaga kerja ini," kata Germanus. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help