Amrizal Ajak Penyuluh Agama Waspada Terhadap Ancaman Keamanan

Inspektur BNPT RI, Dr. Amrizal, MM, mengajak para penyuluh agama meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan ancaman keamanan.

Amrizal Ajak Penyuluh Agama Waspada Terhadap Ancaman Keamanan
POS-KUPANG.COM/GORDI DONOFAN
Para penyuluh agama saat mengikuti kegiatan Penguatan Kapasitas di Neo Aston Hotel, Kamis (12/4/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Inspektur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Dr. Amrizal, MM, mengajak para penyuluh agama meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan ancaman keamanan.

"Kita mengajak penyuluh agama meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi ancamaan keamanan. Karena terorisme tidak pernah diduga. Tidak bisa kita prediksi," ungkap Dr. Amrizal, saat memberikan materi pada kegiatan Penguatan Kapasitas Penyuluh Agama dalam Menghadapi Radikalisme, kerja sama BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi NTT, di Neo Aston Hotel, Kamis (12/4/2018).

Baca: Koordinasi Penyusunan Disagregasi PMTB, Pemerintah Harus Jamin Iklim Investasi yang Baik

Amrizal menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat menimbulkan ancaman gangguan. Di antaranya kurangnya kapasitas pemahaman terhadap agama dan ajarannya.

"Peran penyuluh agama memberikan pemahaman yang benar kepada umat dan pemeluknya," kata Amrizal.

Baca: Siswa Baru SMANDU Lewoleba Ikut Sistem SKS

Ia mengaku kurang sensitifitas masyarakat terhadap lingkungan sekitar ini akan menjadi ancaman terhadap keamanan.

"Yang kita rasakan di kota- kota besar. Orang tidak sensitif dan peduli terhadap sesama apalagi pendatang baru," katanya.

Baca: Tahun Ini Ratusan Wisman akan Berkunjung ke Lembata

Ia memuji kerukunan di NTT. Sebab tidak ada konflik berlatar belakang agama yang terjadi di NTT. "Tapi kami yakin keukunan yang di NTT paling baik guna menangkal radikasllisme di NTT," kata Amrizal.

Ia mengharapkan peran semua elemen masyarakat dalam menangkal paham radikalisme. "Peran serta masyarakat dan penyuluh pada hari ini sangat penting sehingga meningkatkan keamanan di NTT dengan memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada pengurus FKPT ini sebuah kontribusi dan BNPT melakukan pencegahan," kata Amrizal. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help