Suka Chatting di Android? Waspada, Anda Bisa Mengalami Cidera Ini!

Banyak orang yang hidup seolah tak bisa terlepas dari HP. Hampir setiap saat, jempol mereka menari-nari di atas layar ponsel.

Suka Chatting di Android? Waspada, Anda Bisa Mengalami Cidera Ini!
ist
ilustrasi Chating 

POS-KUPANG.COM - Banyak orang yang hidup seolah tak bisa terlepas dari HP. Hampir setiap saat, jempol mereka menari-nari di atas layar ponsel. Celakanya, banyak orang pula yang tidak menyadarinya bahwa kebiasaan tersebut ternyata berpotensi menimbulkan cedera.

Angka cedera terkait aktivitas dalam menggunakan ponsel, seperti dilansir laman health.clevelandclinic.org, disebut semakin meningkat.

Ahli bedah Ortopedi di Amerika Serikat, Peter J. Evans, MD, PhD mengaku kerap menemukan model cedera yang terkait dengan tingginya intensitas penggunaan ponsel.

Baca: VIDEO: Cepatnya Pelayanan Lapor SPT dengan E Filling di Kantor Pajak Pratama Kupang

Baca: Setelah Kehujanan Basah-basah, Segera Keramas Agar Tidak Sakit Kepala, Benarkah?

Baca: Bagaimana Membuat Warna Pakaian Tidak Pudar? Ikuti 5 Tips Ini!

1. Cedera jempol

Dr Evans menyebut cedera jempol ini dengan istilah 'texting thumbs'. Jempol kita sebetulnya tidak terlalu cekatan untuk berpindah maupun dibengkokkan. Sehingga aktivitas mengetik yang terlalu sering dan dilakukan dengan jempol berpotensi menimbulkan cedera pada otot dan tendon.

Menimbulkan peradangan yang menyebabkan pembengkakan, dan juga jempol kaku. Ia menyarankan agar kita rajin mengubah gaya mengetik. Misalnya mengetik dengan telunjuk, menggunakan keyboard tambahan, atau beristirahat sejenak.

Kita juga bisa mempertimbangkan penggunaan teknologi yang bisa mengubah suara menjadi teks. Sehingga, kita bisa meminimalisasi penggunaan jempol.

Halaman
123
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help