Rekrut 200 Ribu CPNS, Ini Bocoran Posisi Prioritas yang Dibutuhkan Pemerintah

Pemerintah Indonesia akan membuka lowongan CPNS tak lebih dari 200 ribu karena menganut asa `minus growth'.

Rekrut 200 Ribu CPNS, Ini Bocoran Posisi Prioritas yang Dibutuhkan Pemerintah
Net
Asman Abnur 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur memberi sedikit bocoran mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Ketika ditemui di kawasan car free day (CFD) Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018), ia mengatakan akan membuka banyak posisi untuk bidang kesahatan dan pendidikan.

Baca: Daniel Mananta Sudah Tahu Kontestan Juara Indonesian Idol 2018, Siapa ya?

"Prioritas pendidikan dan kesehatan karena kedua bidang ini tidak boleh kurang. Posisi lain juga kami prioritaskan tapi harus sesuai nawacita, seperti tenaga teknis pembangunan infrastruktur," ucapnya.

Asman menegaskan pada tahun 2018 ini pemerintah Indonesia akan membuka lowongan CPNS tak lebih dari 200 ribu karena menganut asa `minus growth'.

Ia menjelaskan bahwa setiap pembukaan lowongan CPNS tak akan lebih tinggi dari jumlah PNS yang pensiun saat lowongan dibuka.

Baca: Ritual Pemakaman Paling Tak Lazim di Dunia, Ada yang Dimakan Manusia dan Burung

Baca: 6 Cara Unik Menghormati Mayat yang Bikin Merinding

"Tahun ini yang pensiun lebih 200 ribu, nanti yang akan direkrut tak akan lebih dari itu karena kita menganut `minus growth'. Itu juga merupakan usaha untuk menemukan angka ideal untuk jumlah seluruh PNS di seluruh Indonesia," kata dia.

"Saat ini ada 4,3 juta PNS. Nanti kita akan maksimalkan fungsi seseorang, jumlahnya kita cari idealnya karena sudah dibantu sistem e-government," terang Asman.

Dengan sistem itu Asman Abnur berharap PNS yang diterima juga memiliki kompetensi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.(Rizal Bomantama)

Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help