Momen Rakyat Mengenal Sang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT

Masa kampanye dialokasikan waktunya selama 129 hari. Momentum dimana keempat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur merebut hati pemilih

Momen Rakyat Mengenal Sang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT
NET
ilustrasi 

Oleh: Yosafat Koli
Komisioner KPU Provinsi NTT

POS KUPANG.COM -- Mengawali masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, KPU Provinsi NTT melakukan deklarasi kampanye damai di Aula El Tari, Kantor Gubernur 15 Februari 2018 dilanjutkan dengan pawai damai.

Masa kampanye dialokasikan waktunya selama 129 hari. Momentum dimana keempat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur merebut hati pemilih.

Dalam peraturan KPU No 4 tahun 2017 tentang Kampanye, sentuhan kreasi jaman now, nampak dalam setiap metode kampanye. Tidak melulu berorasi meluluhlantakkan emosi peserta kampanye dalam kemasan pidato di lapangan terbuka.

Jaman old, kampanye identik dengan mengumpulkan massa dalam satu titik di lapangan terbuka dan para orator menyampaikan pesan politik kepada pemilih.

Berbeda dengan sekarang, kampanye rapat umum dilakukan hanya sekali untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, sedangkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur sebanyak dua kali.

Metode kampanye dilakukan melalui pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog. Pertemuan terbatas diselenggarakan di dalam ruangan atau gedung dengan ketentuan jika dilakukan di tingkat provinsi paling banyak 2.000 orang dan di kabupaten 1.000 orang.

Tatap muka dan dialog dapat dilaksanakan di dalam gedung dengan ketentuan tidak melebihi kapasitas ruangan, dan juga di luar ruangan.

Di luar ruangan dapat dilakukan dengan mengunjungi pemilih di pasar, tempat tinggal warga, komunitas warga atau tempat umum lainnya.

Ada metode kampanye yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi yaitu debat pasangan calon yang menurut rencana dilakukan selama tiga kali, dan penyebaran bahan dan alat peraga kampanye.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help