PosKupang/

Jurnalisme Warga

Umat Katolik San Juan Lebao-Flotim Antusias Jemput Imam Barunya

P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD didampingi keluarga dan tim Pastor Paroki Santu Juan Lebao diterima dengan sukacita

Umat Katolik San Juan Lebao-Flotim Antusias Jemput Imam Barunya
ISTIMEWA
Umat Katolik Paroki San Juan Lebao Larantuka menyambut imam baru Baru P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD dengan tarian Hedung. 

Laporan Petrus Wai Leton, S. Sos, Inmas Kementerian Agama Kabupaten Flotim

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA - Ratusan Umat Katolik Paroki Santu Juan Lebao- Larantuka Kabupaten Flores Timur, Kamis (12/10/2017), antusias menyambut kehadiran Imam Baru P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD.

Penyambutan tersebut dilakukan setelah pada pada Sabtu (7/10/2017 ) lalu putra asli Desa Mudakaputu tersebut ditahbiskan menjadi Imam di Ledalero oleh Uskup Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr.

Sebagai sebuah peristiwa iman yang bersejarah penjemputan tersebut melibatkan umat Katolik, baik dari Paroki San Juan Lebao maupun dari Stasi Sta. Maria de Fatima Mudakaputu Paroki St. Yoseph Riangkemie.

Sejak pukul 13.00 Wita siang ratusan umat Katolik sudah memenuhi areal penjemputan yang dipusatkan di depan Kantor Lurah Waihali, Kecamatan Larantuka untuk menyambut sang Yubilaris yang nantinya akan menjalankan tugas imamatnya di Benua Afrika.

P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD didampingi keluarga dan tim Pastor Paroki Santu Juan Lebao diterima dengan sukacita oleh umat yang setia menanti kedatangannya.

Seremoni penjemputan dengan budaya Lamaholot dilakukan untuk menyambutnya sebagai sebuah kemenangan.

Atraksi drumband SMPK St. Gabriel mengiringi perarakan Sang Yubilaris kemudian disambut dengan tarian tradisional Moraj dan tarian Hedung (tari perang) dari umat Stasi Sta.Maria de Fatima Mudakaputu yang tampil bersemangat mengiringi langkah Pater Viki Leton, demikian kerap disapa, menuju pelataran Gereja Paroki San Juan Lebao.

Perasaan sukacita tersebut diungkapkan langsung oleh Pastor Paroki San Juan Lebao Rm. Paskalis Hokeng, Pr yang menerima kehadiran Imam Baru di depan gerbang Gereja Paroki San Juan Lebao.

“Atas nama umat Paroki San Juan Lebao kami dengan penuh syukur dan suka cita, bergembira menerima kehadiran P. Leton Fransiskus Paskalis , SVD sebagai putra dari Paroki San Juan Lebao untuk bersyukur bersama umat dalam rangkaian acara bersama umat di Paroki ini,” ungkap Rm.Paskalis, Pr penuh syukur.

Sesuai rencana, P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD akan memimpin dan melaksanakan misa perdana bersama umat Paroki San Juan Lebao pada Jumat (13/10/2017).

Selanjutnya Sang Yubilaris akan melaksanakan Misa Syukur dengan Umat Stasi Sta. Maria de Fatima Mudakaputu Kecamatan Ile Mandiri sebagai stasi asal orang tuanya pada Minggu (15/10/2017).

Sebelumnya pada acara penjemputan P. Leton Fransiskus Paskalis, SVD oleh umat Stasi Mudakaputu, Senin (9/10/2017) lalu, Sang Yubilaris dijemput dengan meriah, salah satunya dengan melibatkan umat Muslim Dusun Delang Desa Tiwatobi yang membawakan Kasidah. Kondisi tersebut mencerminkan toleransi dan kerukunan umat beragama di wilayah tersebut berjalan baik. (*)

Editor: agustinus_sape
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help