PosKupang/

Raja Ampat tak Ada Apa-apanya Dibanding Mulut Seribu di Rote Ndao. Wow, Apa Pesonanya?

Banyak destinasi wisata di Rote Ndao masih perawan seperti Pantai Mulut Seribu di Papela, Rote Timur; obyek wisata Danau Laut Mati di Desa Daiama.

Raja Ampat tak Ada Apa-apanya Dibanding Mulut Seribu di Rote Ndao. Wow, Apa Pesonanya?
istimewa
Pesona Pantai Mulut Seribu di Papela, Rote Timur.

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Benny Dasman

POS KUPANG.COM, ROTE NDAO-Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) penulisan pariwisata di Gereja Syalom Mokdale Ba'a, Senin (13/3) sampai Rabu (15/3/2017).

Diklat tiga hari yang diikuti para pelajar, mahasiswa, aparatur sipil negara, dan wartawan itu sebagai sebuah usaha mempromosikan pariwisata Rote Ndao melalui kata dan gambar.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Rote Ndao, Drs. Melyanus Mandala, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Rote Ndao, Melki Rumlaklak, ketika membuka diklat yang baru pertama kali digelar di pulau terselatan Indonesia itu mengakui banyak destinasi wisata di Rote Ndao masih perawan seperti Pantai Mulut Seribu di Papela, Rote Timur; obyek wisata Danau Laut Mati di Desa Daiama, Kecamatan Landu Leko.

"Obyek wisata Raja Ampat di Papua Barat tidak ada apa-apanya dibandingkan keindahan Pantai Mulut Seribu di Rote Ndao. Mulut Seribu terdiri deretan batu-batu besar yang terhampar di laut lepas sangat indah. Sangat eksotik. Kendala kami di Rote ini kurang promosi.

Laut Mati merupakan obyek wisata yang sangat menyenangkan apabila kita menggunakan jet ski mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di dalamnya. Obyek wisata ini memiliki keunikan antara lain pasirnya berasal dari kulit kerang (keong)," ujar Mandala.

Dia berharap diklat penulisan pariwisata dimaksud dapat melahirkan penulis-penulis berbakat dan kreatif untuk menjual destinasi pariwisata unggulan di Rote Ndao.

Mandala mengakui meski begitu berkembangnya media tulis maupun elektronik di NTT, pun di Rote Ndao, namun materi tulisan mengenai pariwisata belum ditonjolkan.

"Cara satu-satunya untuk mempromosikan wisata di Rote Ndao hanya melalui media. Selama ini masih sangat kurang mengangkat sisi positif dari pariwisata," ujar Mandala. *

Penulis: benny_dasman
Editor: benny_dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help