Lagi, TKI Ilegal Asal NTT Meninggal di Malaysia

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Mathilde meninggal pada Rabu (8/3/2017) kemarin di tempat kerjanya.

Lagi, TKI Ilegal Asal NTT Meninggal di Malaysia
ILUSTRASI
Shutterstock Ilustrasi Serangan Jantung 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Mathilde Noo (32) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Nakuramba, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, meninggal di Teluk Intan Batu 7 Malaysia.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Siwa mengatakan, Mathilde diketahui meninggal karena terkena serangan jantung.

“Saya diberitahu oleh Koalisi Insan Peduli Migran Perantau tentang kematian tersebut dan saya langsung sampaikan kepada pihak KBRI Kuala Lumpur dan telah ditindaklanjuti. Data yang diberikan oleh pihak KBRI Kuala Lumpur, dia (Mathilde) meninggal karena serangan jantung,” kata Siwa kepada Kompas.com, Kamis (9/3/2017).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Mathilde meninggal pada Rabu (8/3/2017) kemarin di tempat kerjanya.

Menurut Siwa, dari hasil pengecekan, Mathilde berangkat ke Malaysia secara illegal, sehingga namanya tidak terdata di BP3TKI.

Untuk proses pemulangan jenazah ke NTT, saat ini pihak BP3TKI masih menunggu berkas data Mathilde dari keluarganya di Kabupaten Ende dan selanjutnya akan disampaikan kepada pihak KBRI Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, dalam rentang Januari-Oktober 2016, terdapat 36 jenazah TKI asal NTT. Sebagian besar TKI yang meninggal dunia itu bekerja di Malaysia dan statusnya adalah tidak resmi alias ilegal.

Ada pula TKI yang awalnya berangkat secara resmi, tetapi tidak mau pulang setelah masa kontraknya selesai. (*)

Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved