Penemuan Kerangka Manusia di Labuan Bajo

Lurah Labuan Bajo Beberkan Identitas Kerangka Manusia yang Ditemukan Pekerja Proyek

Lurah Labuan Bajo, Syarifuddin Malik saat ditemui di lokasi penemuan kerangka manusia, Sabtu (4/7/2020).

Lurah Labuan Bajo Beberkan Identitas Kerangka Manusia yang Ditemukan Pekerja Proyek

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -- Lurah Labuan Bajo, Syarifuddin Malik membeberkan identitas kerangka manusia yang ditemukan pekerja proyek saat melakukan penggalian lubang drainase, Sabtu (4/7/2020).

Menurut pengakuan seorang warga sekitar bernama Haji Najib Djuje, identitas kerangka manusia tersebut merupakan pekerja kapal yang meninggal dan dikuburkan sekitar tahun 1950an.

"Setahu saya tidak ada pekuburan di sini, tapi ada pengakuan haji Najib, yang orangtuanya ikut juga dalam penguburan. Haji Najib mengisahkan, dia adalah orang kapal, meninggal di tahun 1950an. Karena jatuh dari tiang kapal lalu dikuburkan di pinggir pantai," katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Diakuinya, pemilik kerangka manusia tersebut merupakan warga pendatang, sehingga saat meninggal langsung dimakamkan.

Selanjutnya, pembangunan yang ada tidak tidak memperhatikan kuburan tersebut karena tidak ada ahli waris ataupun keluarga dari tersebut.

"Saat pembangun tidak memperhatikan dan tidak ada ahli waris, sehingga tidak digubris, kalau ada ahli waris di sini, pasti dijaga. Karena dia pendatang dan tidak ada keluarga di sini, sehingga dilepas saja dan tidak ada yang peduli," katanya.

Walaupun telah ditangani, lanjut dia, pihak Masjid Nurul Falaq Labuan Bajo siap untuk menerima kerangka tersebut lalu disholatkan dan dikebumikan secara kepercayaan umat islam.

"Saya sudah bicarakan dengan imam masjid, saat ini kepolisian atau negara sudah ambil alih, kalau negara kembalikan lagi ke bapak imam untuk dibuat ritual sesuai tata cara islam, maka pihak masjid Nurul Falaq siap," tandasnya.

Sementara itu, aparat kepolisian melakukan penyelidikan terkait penemuan kerangka manusia di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Halaman
1234
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Berita Populer