Kanal

Menohok, Begini Tanggapan Ngabalin Soal KPK Tak Dilibatkan Saat Jokowi Pilih Menteri

Ketua Umum Badan Koordinasi Mubaligh Seluruh Indonesia (Bakomubin) Ali Mochtar Ngabalin saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2017). - KOMPAS.com/Kristian Erdianto

Menohok, begini tanggapan Ali Mochtar Ngabalin soal KPK tak dilibatkan saat Jokowi pilih menteri

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Menohok, begini tanggapan Ali Mochtar Ngabalin soal KPK tak dilibatkan saat Jokowi pilih menteri.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kedeputian IV Kantor Staf Presiden ( KSP) Ali Mochtar Ngabalin meminta KPK tak perlu protes jika tak lagi dilibatkan dalam pemilihan menteri untuk kabinet periodenya kedua Jokowi bersama Ma'ruf Amin.

Sebab, kewenangan dalam memilih menteri adalah sepenuhnya hak prerogatif Presiden Jokowi. Jokowi berhak memilih apakah akan meminta pertimbangan KPK atau tidak dalam memilih orang-orang yang akan membantunya di pemerintahan.

Tokoh Agama di Nagekeo Imbau Masyarakat Harus Jaga Situasi Kamtibmas

"Kalau presiden merasa perlu, presiden ajak bicara KPK. Kalau Presiden merasa apa yang ada dari pengetahuannya, ya sudah untuk apa tarik-tarik presiden dalam urusan itu," kata Ngabalin saat dihubungi, Senin (14/11/2019) malam.

"Itu kan urusan independen, hak prerogratif presiden mengangkat dan memberhentikan menteri," sambungnya.

Ini Kerinduan Saat Masih Hidup Siswa SMP di Kupang yang Tewas Gantung Diri, Diungkap di Surat Wasiat

Ngabalin sendiri mengaku tidak tahu persis alasan yang membuat Presiden Jokowi kini tidak lagi melibatkan KPK dalam penelusuran dan penunjukan menteri untuk kebinetnya di periode kedua.

Saat menunjuk menteri di kabinet kerja periode 2014-2019, Presiden Jokowi melibatkan KPK untuk penelusuran rekam jejaknya.

Namun, Ngabalin meminta perbedaan metode Presiden dalam menjaring menteri di periode pertama dan kedua ini tidak dipersoalkan.

"Ya itulah kewenangan presiden. Enggak usah baper lagi dalam urusan yang begitu, enggak usah gede rasa, enggak usah GR lah," kata politisi Golkar ini.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Pelaku Pembunuhan Gadis SMA di Nias Ditangkap, Dugaan Motif dan Kehamilan Korban Diselidiki

Berita Populer