Berita Sikka

Imigrasi Maumere Monitoring Aktivitas Kapal

mengemban tugas melayani dan mengawasi keluar masuknya kapal asing di wilayah Indonesia khususnya di Pelabuhan Larantuka.

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK
PERTEMUAN -Tim Monitoring Imigrasi Maumere yang dipimpin oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Marselinus Ma melakukan pertemuan dengan Kepala Operasional Kapal yang mewakili Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka di Larantuka, Jumat, 27 Januari 2023. 

POS-KUPANG.COM, MAUMEREKantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere kembali melaksanakan kegiatan koordinasi ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka, Kabupaten Flores Timur, pada Hari Jumat, 27 Januari 2023. 

Tim Monitoring Imigrasi Maumere dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Marselinus Ma.

Ia diterima oleh Kepala  Operasional Kapal yang mewakili Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka.

Baca juga: Pemilu 2024, Camat, Pastor, dan Ustad di Flores Timur Ingatkan PPS Pemilu Jaga Netralitas

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal mengenai peran dan kerja sama  antarkedua instansi, yang sama-sama mengemban tugas melayani dan mengawasi keluar masuknya kapal asing di wilayah Indonesia khususnya di Pelabuhan Larantuka.

Selain itu melaksanakan monitoring terkait ada tidaknya kegiatan kapal asing di wilayah Kabupaten Flores Timur.

Kasi Lalintalkim, Marselinus Ma menyampaikan bahwa kegiatan monitoring secara berkala ini  bertujuan untuk memastikan situasi di Pelabuhan Larantuka apakah ada aktivitas kapal asing serta ditemukan kendala atau tidak, serta terkait isu-isu aktual lainnya yang segera  ditangani.

Kegiatan koordinasi dan monitoring sebagai upaya memerkokoh koordinasi dan memererat sinergi antara Kanim Maumere dan instansi terkait, khususnya dengan otoritas pelabuhan.

Baca juga: Banjir Terjang Waiblama Sikka, Akses Jalan Lumpuh

Tujuannya  untuk meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya berhubungan dengan tugas dan fungsi keimigrasian. 

"Tugas  pelayanan keimigrasian serta  penegakan hukum  bersentuhan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi intansi lain, sehingga diperlukan kerja sama yang saling mendukung, demi pencapaian kinerja yang semakin baik," jelas Marsel.

Kepala  Operasional kapal Larantuka menyatakan siap  bersinergi dengan Kantor Imigrasi Maumere dan juga instansi terkait lainnya, seputar adanya kegiatan kapal asing serta isu-isu lainnya di Larantuka.

Pelabuhan Larantuka dalam tiga tahun terakhir ini karena pendemi Covid-19, tidak ada kegiatan kapal asing baik yang datang maupun berangkat langsung dari dan keluar wilayah Indonesia melalui Pelabuhan Larantuka.

Imigrasi Maumere selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tanpa melupakan sisi pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian secara profesional dan berkesinambungan.

Baca juga: Erosi di Kali Weko Sikka Semakin Parah

Koordinasi dan monitoring Petugas Imigrasi Maumere pada Pelabuhan Larantuka berjalan baik dan lancar, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS


Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved