Pilkada Serentak 2024

Kaesang Pangarep Mau Maju Pilkada 2024, Begini Reaksi Gibran dan FX Rudy

Kaesang sebelumnya sudah mengutarakan keinginannya kepada Gibran untuk maju di Pilkada 2024 sebagai eksekutif, wali kota atau bupati.

Editor: Alfons Nedabang
Instagram @erinagudono
Foto prewedding Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. Setelah resmi menikah, Kaesang menyatakan keinginannya untuk maju Pilkada 2024. Hal ini diungkapkan sang kakak yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

POS-KUPANG.COM, SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta adiknya, Kaesang Pangarep untuk sowan terlebih dahulu kepada para senior di dunia politik, khususnya FX Hadi Rudyatmo yang merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo.

Hal itu disampaikan Gibran Rakabuming Raka setelah mendengar keinginan sang adik yang ingin ikut bertarung di Pilkada Kota Solo tahun 2024 mendatang.

"Kalau Solo (Pilkada) Kaesang kon sowan Pak Rudy sik no (Kaesang harus menemui Pak Rudy dulu). Lho penak to," kata Gibran usai ground breaking Museum Sains dan Teknologi di Pedaringan, Solo, Rabu (25/1/2023).

FX Rudy adalah Wali Kota Solo sebelum Gibran. Kader senior PDIP di kota asal Presiden Jokowi itu juga merupakan wakil walikota ketika Jokowi menjadi walikotanya.

Meski meminta Kaesang menemui FX Rudi, namun Gibran mengaku tak akan mempertemukan Kaesang dengan Rudy.

Gibran meminta Kaesang berusaha sendiri menemui Rudy. "(Nggak dibantu) Wis sunat, iso mangkat dewe (sudah sunat bisa berangkat sendiri)," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Kaget Kaesang Ingin Masuk Politik, Gibran Bantah Bangun Dinasti

Kaesang sebelumnya sudah mengutarakan keinginannya kepada Gibran untuk maju di Pilkada 2024 sebagai eksekutif, wali kota atau bupati.

‚ÄĚKaesang maju eksekutif (Pilkada 2024). Wis tak bocori kui (saya kasih bocoran). Yang jelas saya masih bingung dan agak syok Kaesang mendadak ingin terjun politik," kata Gibran.

Jika itu terjadi, Kaesang akan mengikuti langkah Gibran dan ipar mereka Bobby Nasution (Wali Kota Medan). Gibran sendiri berpeluang besar untuk maju di Pemilihan Gubernur 2024 mendatang.

Praktis, ia tidak akan melanjutkan jabatannya sebagai Wali Kota Solo di periode mendatang. Saat ditanya mengenai kemungkinan Kaesang meneruskan kepemimpinannya, Gibran enggan menjawab. "Yo ra ngerti (Ya nggak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang," katanya.

Gibran mengaku juga tidak akan mengintervensi keputusan adiknya di bidang politik. Ia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang memilih daerah yang akan menjadi medan pertarungannya nanti.

"Intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang. Penilaian warga seperti apa silakan, warga juga tidak harus pilih Kaesang karena kompetisi," tegas kata Gibran.

Baca juga: Gibran Kaget Adiknya Tetiba Ingin Masuk Dunia Politik: Kaesang Sudah Omong Saat Makan Siang

Begitu pula ketika ditanya soal partai yang bakal jadi kendaraan Kaesang, Gibran juga tak mau ikut campur. Gibran menyerahkan keputusan itu di tangan sang adik.

"Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus. Tergantung de'e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa)," kata Gibran.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved