Berita Manggarai Timur

Warga Borong Harap Dishub Manggarai Timur Tambahkan Armada Bus Sekolah

Sejauh ini banyak anak-anak sekolah yang tinggal dengan rumahnya jauh dari sekolah tentu sangat kesulitan.

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
BUS SEKOLAH - Bus sekolah milik Dishub Manggarai Timur. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Warga Borong, Manggarai Timur berharap Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Manggarai Timur menambah armada bus sekolah guna melayani pelajar di Kota Borong pada setiap hari di saat jam pelajaran. 

"Kami dengar dan baca berita ada satu unit bus sekolah milik Dinas Perhubungan akan mulai melayani pelajar ke sekolah dalam Kota Borong hari Senin dan Selasa pekan depan, tapi baru taraf uji coba. Kami berharap agar Dishub bisa tambahkan armada sehingga setiap hari bisa layani anak-anak kami pergi maupun pulang sekolah," ujar Antonius Wanggur kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 11 Januari 2023.

Antonius mengaku, sejauh ini banyak anak-anak sekolah yang tinggal dengan rumahnya jauh dari sekolah tentu sangat kesulitan. Orang tua harus membayar ojek atau anak-anak harus berjalan kaki dengan panas matahari. 

Baca juga: Dishub Manggarai Timur Bakal Siapkan Bus Sekolah Untuk Pelajar di Kota Borong

"Contohnya yang dari Jengok harus turun jalan kaki jauh sekitar 2-3 kilometer untuk bersekolah di SMP 8 Borong atau pun di SMA/SMK di Bawang. Begitupun sebaliknya, ini perlu ada perhatian dari Pemda," Ujar Antonius diamini warga lainya. 

Sekertaris Dishub Kabupaten Manggarai Timur, Benediktus Marjun, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 11 Januari 2023, menerangkan, sebanyak satu unit armada bus sekolah milik Dishub Manggarai Timur. Karena itu sesuai peruntukannya bahwa adanya bus sekolah untuk melayani siswa-siswi atau pelajar di sekolah-sekolah yang berada di seputaran Kota Borong, pusat Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur

Bus sekolah ini, jelas Marjun, dibagi dua rute yakni Tanggo, Borong-Peot- Kembur akan melayani pada hari Senin 16 Januari 2023 dan rute Jengok-Longko-Jawang-Toka-Cepi Watu-Tambak pada hari, Selasa 17 Januari 2023. Ini sebagai uji coba untuk dua hari. 

Baca juga: Pompa Hidram dari TNI Membebaskan Warga Sambi Rampas Manggarai Timur dari Pekerjaan Tunggu Air

"Yang pasti kita akan memfasilitasi semua sekolah mulai dari TK/SD/SMP/SMA di wilayah Kota Borong. Meskipun kita belum mempunyai halte di dalam wilayah Kota Borong, namun ketika dalam perjalan menemukan pelajar yang ada di jalan untuk ke sekolah akan diangkut,"terangnya.

Marjun juga menerangkan, bagi pelajar yang memanfaatkan Bus sekolah tidak akan dipungut biaya alias gratis. Pihaknya menggunakan biaya operasional yang dimiliki. 

"Pada prinsipnya, kita menggunakan biaya operasional itu selain untuk pelajar juga kendaraan ini bisa beroperasi," ujarnya. (rob)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved